Ketua DPR Puan Maharani Usulkan Kapal Pelni Jadi RS Darurat Covid-19 

Aan Haryono · Kamis, 08 Juli 2021 - 16:58:00 WIB
Ketua DPR Puan Maharani Usulkan Kapal Pelni Jadi RS Darurat Covid-19 
Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau rumah sakit darurat Covid-19 di lapangan tembak Kedung Cowek Surabaya, Kamis (8/7/2021). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengusulkan agar kapal-kapal Pelni dimanfaatkan untuk rumah sakit darurat Covid-19. Solusi itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Jatim, mengingat bor rumah sakit rujukan juga sudah penuh. 

Hal itu, kata Puan, sudah pernah dilakukannya pada saat menjabat Menko PMK, tepatnya ketika ekspedisi NKRI, yaitu membuka rumah sakit laut yang ada di daerah-daerah terpencil. 
 
"Kalau memang BOR di daerah-daerah tertentu sudah melebihi 80 persen, ya selain rumah sakit darurat yang ada di darat, mungkin bisa juga dilakukan di laut. Bisa juga memodifikasi kapal-kapal yang ada di Pelni untuk kemudian dijadikan rumah sakit darurat juga," kata Puan di sela-sela kunjungan di RS Lapangan Tembak Surabaya, Kamis (8/7/2021).

Puan mengatakan, kondisi sekarang ini memang butuh pemikiran dan terobosan-terobosan yang out of the box. Tidak bisa lagi cuma normatif saja, tapi apa yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat harus segera dilakukan, sehingga sense of emergency (rasa darurat) bisa berjalan. 

"Solusinya itu ya kembali lagi gotong-royong," ujarnya. 

Puan juga menyampaikan, RS Lapangan Tembak di Kedung Cowek, Surabaya bisa menjadi role model. Sebab, rumah sakit seperti itulah yang memang dibutuhkan saat ini dan menjadi concern DPR RI.  
 
Puan juga merasa takjub ketika tahu bahwa persiapan Rumah Sakit Lapangan Tembak itu hanya dilakukan beberapa hari, kurang dari seminggu. Apalagi, dalam beberapa hari itu sudah bisa menyiapkan semua fasilitasnya, mulai dari bed yang sudah 500 lebih dan sudah diantisipasi tempias air hujannya, hingga sirkulasi udaranya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: