Kasus Turun, Provinsi Jatim Bebas Zona Merah Covid-19 

Ihya Ulumuddin · Rabu, 01 September 2021 - 09:04:00 WIB
Kasus Turun, Provinsi Jatim Bebas Zona Merah Covid-19 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menunjukkan peta sebaran Covid-19 di Jatim. (istimewa).

Jibril mengatakan, penurunan risiko tinggi penyebaran Covid-19 terjadi karena bebarapa faktor, salah satunya kebijakan PPKM Darurat dan PPKM berlevel. "Kebijakan itu diimplementasikan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga menurunkan kasus kasus kematian dan perawatan Covid-19," ujarnya. 

Jibril menuturkan saat ini penambahan kasus positif mingguan di Jatim juga telah turun 80,1 persen dari puncak kasus. Sebelumnya, kasus mingguan di Jatim mencapai 40.000 lebih, saat ini hanya di angka 8.000 kasus. 

"Untuk kematian juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu 52,5 persen dari puncak kasus kita kematian ada 2.458 bisa turun menjadi 1.393 per minggu," katanya. 

Sementara itu, untuk testing PCR, mencapai rekor baru, yakni 90.047 per minggu dengan positivity rate 10 persen. Jibril berharap capaian tersebut tidak membuat semua pihak lengah. 

"Ini momentum baik untuk bangkit dari pandemi. Kira harus tetap menjaga prokes (protokol kesehatan) dan mempercepat vaksinasi di Jatim," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Bagikan Artikel: