Jadi Percontohan, Lumbung Pangan Jatim akan Diadopsi oleh Beberapa Daerah 

Ihya Ulumuddin · Sabtu, 05 Desember 2020 - 15:05:00 WIB
Jadi Percontohan, Lumbung Pangan Jatim akan Diadopsi oleh Beberapa Daerah 
Mirza Muttaqien (kiri baju putih) menerima kunjungan dari Komisi II DPRD Pasuruan dan Hulu Sungai, Kalimantan Selatan, Sabtu (5/12/2020). (istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Lumbung Pangan Jawa Timur (Jatim) menjadi percontohan sejumlah daerah di Indonesia. Hari ini, mereka bahkan datang untuk melihat langsung pengelolaan Lumbung Pagan Jatim (LPJ) milik Pemerintah Provinsi Jatim ini. 

Beberapa di antaranya yakni DPRD Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan dan DPRD Kabupatan Pasuruan. Mereka berharap, LPJ tersebut bisa ditiru dan dikembangkan di daerah asal mereka. 

“Kami akan siapkan proposalnya. Ini menarik untuk dikembangkan dan disinergikan dengan LPM (Lembaga Perekonomian Masyarakat) di daerah, terutama yang punya sentra produksi atau penghasil sejumlah komoditas pertanian,” kata Ketua Komisi II DPRD Pasuruan, Sudiono Fauzan, Sabtu (5/12/2020). 

Sudiono mengatakan, di Pasuruan, LPM dikembangkan di enam kecamatan dan memiliki kaki tangan di desa-desa. Dia optimistis, ketika mereka mengelola lumbung pangan, maka akan mampu menandingi pasar-pasar modern yang kini menjamur. 

“Kami juga berharap, lumbung pangan ini bisa disinergikan dengan daerah, misalnya untuk membantu menyerap hasil produksi atau panen petani untuk didistribuskan ke masyarakat Jatim,” katanya.

Apresiasi sama juga disampaikan Ketua Komisi II DPRD Hulu Sungai Selatan, Kartoyo. Dia mengaku kagum dengan program penjualan sembako bebas ongkos kirim ini. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2