Debat Pamungkas Pilwali Surabaya, Peluang 2 Paslon Rebut Swing Voters 

Aan Haryono · Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:50:00 WIB
Debat Pamungkas Pilwali Surabaya, Peluang 2 Paslon Rebut Swing Voters 
Dua paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya saat debat publik II beberapa waktu lalu. (Foto: iNews.id/ihya' ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Dua pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri-Armuji dan Mahfud-Mujiaman akan mengikuti debat publik III, Sabtu (5/12/2020) malam. Debat pamungkas ini menjadi peluang bagi kedua paslon untuk merebut 45 persen swing voters di Surabaya. 

Pakar Politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menuturkan, secara umum debat paslon masih punya pengaruh 6,5 persen, sekalipun yang menonton debat ada di kisaran 24 persen.

“Dalam posisi head to head menurut saya itu cukup berpengaruh signifikan pada masyarakat perkotaan, khususnya pemilih swing yang masih 45 persen dan undecided voters yang masih 12 persen serta pemilih rasional 27 persen,” kata Surokim, Sabtu (5/12/2020). 

Dia melanjutkan, potensi lainnya masih ada pemilih yang akan memutuskan pilihan di masa tenang sebanyak 23,7 persen dan hari H sebanyak 22,5 persen. Sementara masih ada separuh lagi yang mungkin masih bisa berubah pilihan.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya dan Politik ini menambahkan, orang bisa berubah pilihan karena visi dan misi program masih 36,2 persen. Sehingga kampanye di hari terakhir masih menentukan. “Kalau efektivitas kampanye digital melalui medsos 16,1 persen, jadi perlu pelengkap dan penguat yang lain,” katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2