ITS Siapkan Perkuliahan Hybrid untuk Seluruh Mahasiswa  

Aan Haryono · Selasa, 18 Mei 2021 - 20:10:00 WIB
ITS Siapkan Perkuliahan Hybrid untuk Seluruh Mahasiswa  
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT-1. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai menyiapakan perkuliahan hybrid, yakni penggabungan perkuliahan luring dan daring. Uji coba perkuliahan hybrid dilaksanakan pada pekan akademik ke-10 mendatang.

Rencana ini disiapkan ITS menyusul rencana perkuliahan tatap muka Juli mendatang, sesuai keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Adi Supriyanto menuturkan, proses uji coba dilakukan sebagai bahan evaluasi sebelum penyelenggaraan penggabungan sistem perkuliahan luring dan daring atau yang dikenal dengan istilah hybrid. 

"Kandidat masa uji coba ini merupakan seluruh mahasiswa ITS angkatan 2020 yang berdomisili di Surabaya," katanya, Selasa (18/5/2021).

Dia melanjutkan, pertimbangan dalam memilih mahasiswa angkatan 2020 adalah untuk memberi kesempatan mereka mengenal kampus ITS lebih dulu. Sebab, sejak semester pertama kuliah, mereka belum pernah merasakan suasana perkuliahan di dalam kampus. 

"Selain itu, diharapkan dapat meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19 dan memudahkan mahasiswa karena tidak perlu mencari tempat kos," ujar guru besar Teknik Elektro ini.

Untuk sistem uji coba ini, katanya, seluruh kandidat akan diberikan jadwal kuliah tatap muka di kampus dan kuliah daring secara bergantian. Selain itu, pihak kampus akan menanyakan kondisi kesehatan mahasiswa terkait ke orang tua maupun wali mereka masing-masing. 

"Berdasarkan undang-undang, sebenarnya mahasiswa tidak memerlukan izin dari orang tua, tetapi kami akan tetap melakukan pendekatan kepada orang tua maupun wali untuk menanyakan kondisi mereka," ucapnya.

Nantinya, jika masa uji coba ini dinilai efektif dan berlangsung dengan sukses memenuhi standar protokol kesehatan (prokes), maka pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022 ITS akan melaksanakan perkuliahan hybrid bagi seluruh mahasiswa dari semua departemen. 

"Tak ada pengecualian, nantinya mahasiswa dari luar kota atau luar pulau pun diharuskan datang ke Surabaya," ujarnya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2