Intip Ujung Rel Kereta Api di Pulau Jawa Paling Barat dan Timur, Masih Beroperasi?

Inas Rifqia Lainufar ยท Jumat, 23 September 2022 - 17:35:00 WIB
Intip Ujung Rel Kereta Api di Pulau Jawa Paling Barat dan Timur, Masih Beroperasi?
Ujung rel kereta api di pulau Jawa. Perbaikan rel kereta Banyuwangi-Jember, Rabu (18/12/2019) (Foto: iNews/ Eris Utomo)

JAKARTA, iNews.id - Di manakah letak ujung rel kereta api di pulau Jawa? Apakah ujung rel tersebut masih beroperasi sampai saat ini?

Sejak dilakukan perombakan besar-besaran pada PT KAI, kini kereta api menjadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Rel kereta api yang membentang dari bagian paling timur hingga paling barat pulau Jawa pun menghubungkan sejumlah kota hingga provinsi yang ada di pulau tersebut.

Namun banyak dari penumpang setia PT KAI tidak mengetahui ujung dari rel kereta api tersebut. Oleh sebab itu, ulasan tentang lokasi ujung rel kereta api berikut ini patut untuk disimak.

Ujung rel kereta api di pulau Jawa

1.Di bagian timur

Ujung rel kereta api di pulau Jawa pada bagian timur terletak dekat dengan stasiun Ketapang yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di Jalan Lingkar, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. 

Namun sayangnya, ujung rel kereta api tersebut sudah tidak aktif. Padahal, rel itu dulunya berlanjut hingga gudang PT Pupuk Sriwidjaja dan melewati jalan raya. 

Karena sudah non aktif, maka tidak ada aktivitas perkeretaapian apapun di ujung rel tersebut. Ujung rel bahkan tertutup gudang, kebun tebu, hingga semak belukar.

Meskipun demikian, stasiun Ketapang masih aktif beroperasi sampai sekarang. Stasiun Ketapang bisa dibilang sebagai pemberhentian terakhir kereta api di bagian paling timur pulau Jawa.

Sebelum menjadi stasiun Ketapang, dulunya stasiun ini bernama stasiun Banyuwangi Baru (BWB). Stasiun BWB sendiri diresmikan pada 7 September 1985. 

Tetapi karena dikhawatirkan akan terjadi kebingungan pada penumpang dengan stasiun Banyuwangi lainnya, maka nama stasiun diganti menjadi stasiun Ketapang. Pergantian nama terjadi pada 1 Desember 2019 dan bertahan sampai saat ini.

Lokasi yang tak jauh dari pelabuhan Ketapang membuat stasiun ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang hendak ke Bali. Pelabuhan Ketapang sendiri berbatasan tepat dengan selat Bali.

2.Di bagian barat

Jika ujung rel kereta api di bagian paling timur pulau Jawa sudah nonaktif, di bagian barat justru masih difungsikan hingga saat ini. Terlihat masih banyak terdapat aktivitas perkeretaapian di sana.

Adapun ujung rel kereta api di bagian paling barat pulau Jawa terletak di stasiun Merak, Banten. Stasiun ini bahkan menjadi satu-satunya stasiun yang ada di ujung barat pulau Jawa.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: