Hendak Nabung Uang Dolar AS Palsu Senilai Rp21 Miliar, 2 Warga Bali Ditangkap

Lukman Hakim · Senin, 08 Maret 2021 - 18:24:00 WIB
Hendak Nabung Uang Dolar AS Palsu Senilai Rp21 Miliar, 2 Warga Bali Ditangkap
Polisi menunjukkan barang bukti pecahan uang palsu 100 dolar AS yang diamankan dari tersangka IWW dan SMJ. (Foto: SINDOnews/Lukman Hakim)

SURABAYA, iNews.id – Dua warga Bali yang hendak menabung uang dolar Amerika Serikat (AS) palsu ditangkap petugas Satreskrim Polrestabes Surabaya. Dari tangan kedua pelaku, polisi mengamankan uang palsu sebanyak 1,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp21,5 miliar. 

Uang palsu itu terdiri atas pecahan 100 dolar AS sebanyak 15.000 lembar. Saat ini, kedua pelaku, IWW (42), warga Denpasar dan SMJ (56), warga asal Bangli masih dimintai keterangan.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian mengatakan, kedua tersangka ini datang ke Surabaya dengan maksud bertemu dengan saksi JF di Jalan Penghela Surabaya. Kemudian pada saat di rumah saksi tersebut, tersangka IWW menyerahkan uang kertas dolar AS pecahan 100 dolar AS kepada Josep. 

Saksi itu lalu menemui pegawai salah satu bank yang bercabang di Perak. Uang itu hendak dimasukkan ke tabungan. "Mengingat jumlah uangnya cukup banyak, maka selanjutnya dilakukan pemeriksaan,” kata Oki Ahadian di Mapolrestabes Surabaya, Senin (8/3/2021).

Dia menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan di bank, diketahui uang kertas dolar AS tersebut palsu. Pada uang itu terdapat banyak perbedaan dengan ciri-ciri uang yang asli. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2