98 Kiai Disuntik Vaksin Covid-19, Ketua PWNU Jatim: Ini Ikhtiar Wajib 

Hari Tambayong · Selasa, 23 Februari 2021 - 13:25:00 WIB
98 Kiai Disuntik Vaksin Covid-19, Ketua PWNU Jatim: Ini Ikhtiar Wajib 
Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur KH Anwar Mansyur mendapat giliran pertama suntik vaksin Covid-19, Selasa (23/2/2021). (Foto: iNews.id/Hari Tambayong).

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 98 kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) disuntik vaksin Covid-19 di Kantor PWNU Jawa Timur (Jatim), Selasa (23/2/2021). Program vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di kalangan ulama dan pesantren di Jatim. 

Rais Syuriyah PWNU Jatim KH Anwar Mansyur dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mendapat giliran pertama kiai yang disuntik. Setelah itu dilanjutkan puluhan kiai lainnya. 

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan, vaksinasi untuk kiai tersebut merupakan upaya wajib yang dilakukan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. “Ini sebagai ihktiar zahir yang wajib dilakukan, meskipun takdir semuanya dari Allah SWT. Vaksin ini halal dan maslahah untuk kita semua,” katanya, Selasa (23/2/2021). 

Kenapa harus kiai? Kiai Marzuqi menjelaskan bahwa kiai atau ulama merupakan sosok yang banyak berinteraksi dengan umat, jamaah dan santri. Karenanya, jika tidak segera diupayakan vaksinasi, maka pelayanan kepada umat menjadi terhambat. 

“Harapan kami setelah para kiai dan ulama sudah divaksin dua kali dan benar-benar menguatkan imun dan aman, maka nanti bisa melayani tamu, bisa mengimami salat, mengajar santri dan peran-peran keumatan lainnya tanpa was-was," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2