Haru, Penyerahan 11 Bayi Telantar di Jatim kepada Calon Orang Tua Angkat

Lukman Hakim ยท Rabu, 30 November 2022 - 08:45:00 WIB
Haru, Penyerahan 11 Bayi Telantar di Jatim kepada Calon Orang Tua Angkat
Sekda Provinsi Jatim Adhy Karyono saat menyerahkan anak ke orang tua asuh. (istimewa).

SIDOARJO, iNews.id - Sebelas bayi telantar di Jawa Timur (Jatim) diserahkan kepada calon orang tua angkat (Cota) di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PPSAB) Sidoarjo, Selasa (29/11/2022). Harapannya 11 bayi tanpa orang tua tersebut mendapatkan pengasuhan yang baik dan layak. 

Momen haru pun terjadi saat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono menyerahkan anak-anak tersebut kepada para Cota. Dia mengatakan, para Cota bayi telah melewati proses asesmen kurang lebih satu tahun. Mereka juga sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) izin pengangkatan anak dari pengadilan agama. 

"Pelepasan anak asuh kepada Cota ini merupakan momentum langka. Sebab proses memilih para calon orang tua asuh tidak boleh asal-asalan dan sembarangan," katanya usai melepas 11 bayi. 

Para calon orang tua yang beruntung untuk mengasuh anak-anak di sini, lanjut Sekdaprov merupakan orang tua yang mampu dan mereka yang sehat. Orang tua yang mampu bisa diartikan bahwa calon orang tua ini mampu menyayangi dengan sepenuh hati. Mampu merawat dengan baik, mampu memberikan kecukupan gizi dan tumbuh kembang sang anak. 

Selain itu, orang tua yang sehat diartikan mereka harus sehat dan melindungi buah hatinya atau anak anak disaat usia anak hingga kelak dewasa nanti. Anak anak ini adalah anugerah yang harus disayang sama halnya seperti anak kandung.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: