Fenomena Langka, Suhu Dingin di Malang hingga 14 Derajat Celcius

Avirista Midaada, Okezone ยท Senin, 24 Juni 2019 - 15:54 WIB
Fenomena Langka, Suhu Dingin di Malang hingga 14 Derajat Celcius
Kondisi dataran tinggi Dieng tampak seperti bersalju. (Foto: Okezone).

MALANG, iNews.id - Suhu dingin di wilayah Malang, Jawa Timur (Jatim), akhir-akhir ini mencapai 14 derajat celcius. Kondisi ini disebut mengulang fenomena yang terjadi pada 20 tahun lalu saat musim kemarau tiba.

Kepala BMKG Karangploso, Aminudin Al Roniri mengatakan, suhu udara Malang pernah mencapai 14 derajat saat memasuki musim kemarau sekitar 20 tahun lalu. Setelah itu, tak pernah suhu udara menyentuh angka tersebut.

"Ini baru terjadi kembali pada musim kemarau 2019," kata Aminudin saat dikonfirmasi wartawan, Senin (24/6/2019).

Menurutnya, suhu terendah 14 derajat celsius pada musim kemarau tahun ini. Padahal, puncak musim kemarau diprediksi akan berlangsung pada Agustus nanti. Dia menilai kondisi cuaca nanti dapat terasa lebih dingin.

Dia belum dapat memastikan kapan suhu udara terendah kembali terjadi di musim kemarau kali ini. Meski begitu BMKG menilai, suhu rendah hingga 14 derajat celsius di awal musim menunjukkan hal yang positif.

"Boleh dikatakan iklimnya sudah mulai kembali ke 20 tahun yang lalu. Mengarah pada hal yang positif," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, iklim yang semakin bagus itu dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di area Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang.

"Karena itu pengaruh dengan lingkungan dan pengaruh manusia juga," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal