Distribusi Reward MeMiles Tak Sesuai Aturan, Member Figur Publik Dapat Lebih Dulu

Ihya' Ulumuddin ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 16:23 WIB
Distribusi Reward MeMiles Tak Sesuai Aturan, Member Figur Publik Dapat Lebih Dulu
Ilustrasi investasi bodong. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Distribusi hadiah (reward) kepada member MeMiles ternyata tidak sesuai mekanisme. Dalam aturan di MeMiles, reward mestinya diberikan kepada mereka yang sudah lama bergabung dan telah memenuhi omset nasional (melakukan top up lebih banyak).

Namun, faktanya, reward justru diberikan kepada mereka yang baru bergabung, khususnya figur publik atau mereka yang punya pengaruh. Beberapa di antaranya dari kalangan artis.

Fakta baru ini diungkap penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim usai melakukan pendalaman terhadap para saksi dan tersangka. “Jadi ada banyak member yang tidak dapat apa-apa, sekalipun sudah lama bergabung dan top up banyak,” kata Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, Jumat (17/1/2020).

Sementara, direktur utama tersangka K (Kamal) yang memiliki wewenang untuk menentuntukan siapa dapat reward apa. Dia mendapat masukan dari tersangka SW alias W.

BACA JUGA: Member Datangi Polda Jatim, Minta Polisi Tak Blokir Aplikasi MeMiles

Tersangka SW alias W ini yang juga berperan melaporkan pada K terkait hasil pengumpulan data member. “Tetapi, yang menentukan dapat reward atau tidak ya tersangka utama K ini. Kalau yang mendistribusikan reward ini si SW,” katanya.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penyidik menemukan beberapa hal yang tidak rasional terhadap pemberian reward tersebut. Terutama bagi mereka yang telah menerima. Pasalnya, nilai reward yang diberikan jauh di atas top up yang dibayarkan.

“Nah, ini yang terus didalami, termasuk untuk para artis. Nanti akan diketahui, apakah mereka murni sebagai member atau endorser,” katanya.

Diketahui, Polda Jatim membongkar kasus investasi bodong MeMiles. Empat orang tersangka diamankan dalam kasus ini. Mereka adalah direktur utama dan rekan kerjanya, seorang kepala IT dan seorang motivator.

BACA JUGA: Investasi Ilegal MeMiles, Member: Kami Dirugikan karena Perusahaan ini Berhenti Beroperasi

Tak hanya itu, Polda Jatim juga mengamankan barang bukti uang nasabah sebesar Rp121 miliar serta 18 unit mobil.

Beberapa artis yang dinilai sebagai endorser MeMiles juga turut diperiksa di anataranya Artis Eka Delly dan penyanyi Ello. Bahkan mobil hasil reward diserahkan kepada polisi sebagai barang bukti.

Sementara untuk artis Judika, kini tengan mendapatkan surat panggilan ke dua lantaran tak kunjung menentukan kapan bisa datang ke Polda Jatim untuk diperiksa. Untuk Adjie Notonegoro, dijadwalkan akan diperiksa pekan depan.


Editor : Umaya Khusniah