Deretan Kuliner Ekstrem Bikin Merinding, dari Tarantula, Embrio Bebek hingga Sup Telur Semut

Ajeng Wirachmi, Tim Litbang MPI · Selasa, 11 Januari 2022 - 15:17:00 WIB
Deretan Kuliner Ekstrem Bikin Merinding, dari Tarantula, Embrio Bebek hingga Sup Telur Semut
Kuliner ekstrem balut atau embrio bebek dari Filipina. (Foto: Instagram faith_alwanga)

JAKARTA, iNews.id - Setiap negara di dunia memiliki ciri khas masing-masing, termasuk kuliner. Beberapa bahkan sangat terkenal karena makanannya yang ekstrem dan menjadi bagian dari tradisi unik di negara tersebut. 

Kuliner ekstrem ini terbuat dari serangga beracun seperti kalajengking dan tarantula yang banyak spesiesnya tergolong berbahaya. Ada pula telur serangga yang dimasak sebagai sup yang dianggap sebagai makanan lezat dan bergizi.

Namanya kuliner ekstrem, makanan ini membuat banyak orang ngeri, jijik hingga mungkin muntah. Namun, ada pula yang akhirnya memberanikan diri mencoba mencicipi, terutama jika sedang berwisata ke negara tersebut. 

Berikut deretan kuliner ekstrem di dunia:   

1. Kalajengking asal Krong Siem Reap, Kamboja

Kota Krong Siem Reap di Kamboja terkenal dengan beragam kuliner ekstrem yang tak lazim dimakan. Salah satunya adalah kalajengking. 

Jenis hewan beruas ini biasanya digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan. Meskipun begitu, bagian luar hewan ini seperti capitnya masih terasa agak keras. 

Kuliner ekstrem tarantula goreng (Foto: Instagram taripapex)
Kuliner ekstrem tarantula goreng (Foto: Instagram taripapex)

Selain kalajengking, ada juga tarantula yang dijual. Walau terlihat sangat menyeramkan, nyatanya tak sedikit masyarakat bahkan turis asing yang sengaja datang demi menyantap makanan ini. 

2. Embrio Bebek khas Filipina

Embrio bebek atau yang dikenal dengan sebutan balut, merupakan makanan khas dari Filipina. Seperti namanya, bahan dasar makanan ini adalah embrio bebek yang sudah dierami selama 14 – 21 hari dan janinnya telah muncul. 

Balut atau embrio bebek dari Filipina. (Foto: Instagram jhie19)
Balut atau embrio bebek dari Filipina. (Foto: Instagram jhie19)

Sebelum disajikan, balut direbus terlebih dahulu. Bagi masyarakat Filipina, balut adalah makanan lezat dengan cita rasa gurih dan cukup menjadi primadona. 

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: