Dana Terbatas, Pemkab Blitar Minta Provinsi Ambil Alih 3 Jalur Sirip Penghubung JLS 

Ihya Ulumuddin · Jumat, 10 Juni 2022 - 22:46:00 WIB
Dana Terbatas, Pemkab Blitar Minta Provinsi Ambil Alih 3 Jalur Sirip Penghubung JLS 
Rapat Koordinasi Pemkab Blitar dan Komisi D DPRD Jatim terkait pembangunan JLS dan jalan sirip. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin).

BLITAR, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meminta Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengambil alih tiga jalan sirip penghubung Jalur Lintas Selatan (JLS). Alasannya, anggaran Pemkab Blitar tidak cukup untuk membiayai pembangunan ketiga jalan tersebut.

Tiga jalan sirip itu yakni simpang Brongkos sampai Wates, Kuningan sampai Kanigoro dan Kademangan hingga Tambakrejo. Saat ini kondisi ketiga jalan sirip tersebut kurang representatif. Selain sempit dan bergelombang, beberapa di antaranya juga rusak dan perlu pembenahan. 

"Akses JLS di tiga ruas Kabupaten Blitar sudah hampir selesai. Sementara ada tiga jalan sirip yang kondisinya masih jelek. Padahal, akses ini sangat vital sebagai pendukung JLS. Maka kami ingin Pemprov Jatim mengambil alih jalan sirip ini," kata Kepala Dinas PUPR Pemkab Blitar Dicky Cobandono saat bertemu Komisi D DPRD Jatim, Jumat (10/6/2022). 

Dicky menjelaskan, saat ini APBD Kabupaten Blitar hanya mengalokasikan dana Rp2,3 triliun selama setahun. Dari alokasi itu, proyeksi untuk infrastruktur hanya Rp133 miliar. Total anggaran tersebut untuk mengcover jalan sepanjang 1.500 kilometer. 

Karena itu, perlu campur tangan pemerintah provinsi dan pusat, terutama untuk penanganan jalan-jalan sirip yang terkoneksi dengan JLS. Pihaknya optimistis jika hal itu terealisasi, maka beban daerah berkurang. 

"Kami mengalami kesulitan (pembiayaan), sehingga pemerintah daerah sangat berharap pada provinsi maupun pusat. Ini untuk sama-sama karena di sini (Blitar) ada proyek nasional, Pansela. Ini harus disambut dengan (jalan) sirip-sirip yang tentunya akan meningkatkan perekonomian," ujarnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: