Cerdik, Ini Modus Mantan Kacab Bank Mega Gelapkan Uang Nasabah hingga Rp5,7 Miliar

Avirista Midaada ยท Kamis, 26 November 2020 - 15:50:00 WIB
Cerdik, Ini Modus Mantan Kacab Bank Mega Gelapkan Uang Nasabah hingga Rp5,7 Miliar
Pelaku penggelapan uang nasabah Yanti Andarias (44), saat diamankan Mapolres Malang, Kamis (26/11/2020). (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

MALANG, iNews.id – Kasus penggelapan uang deposito yang dilakukan Mantan Kepala Cabang Pembantu Bank Mega Unit Kyai Tamin Malang, Yanti Andarias (44) terbilang cerdik. Pelaku memberi iming-iming bunga deposito hingga 15 persen, sehingga korban tertarik.

“Ibu ini (tersangka) menawarkan ke korbannya akan dapat bunga dan diserahkan ke nasabah, per tahun ada sekitar 12-15 persen bunganya. Artinya kalau punya Rp500 juta, maka setiap bulan dikasih bunga Rp5 juta,” kata Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Kamis (26/11/2020).

Atas janji tersebut, para korban tertarik. Mereka lantas mendepositokan uang melalui tersangka. Besarnya bervariasi, mulai dari Rp100 juta hingga Rp500 juta.

Tak hanya itu, kepada beberapa nasabah, pelaku juga memberikan janji bahwa deposito tersebut sewaktu-waktu bisa diambil. Syaratanya harus dititipkan melalui tersangka. “Atas janji itu, para nasabah percaya. Apalagi beberapa korban dan pelaku telah saling mengenal,” ujarnya.

Namun, semua iming-iming dan janji tersebut hanya modus saja. Sebab, faktanya tidak demikian. Untuk bunga deposito misalnya, Bank Mega hanya memberikan bunga 4-5 persen. Tak hanya itu di Bank Mega juga tidak ada jenis tabungan deposito cashback seperti yang ditawarkan pelaku.

“Faktanya tidak ada program deposito cashback yang ditawarkan ibu ini. Bunga deposito (di Bank Mega) biasanya 4-5 persen, tapi ini sampai 12 persen,” tuturnya.

Editor : Ihya Ulumuddin