Cabup Petahana Blitar Rijanto Ajukan Diri Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Solichan Arif · Kamis, 19 November 2020 - 13:27:00 WIB
Cabup Petahana Blitar Rijanto Ajukan Diri Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19
Calon Bupati Blitar petahana Rijanto. (Foto: Istimewa)

BLITAR, iNews.id - Calon Bupati (Cabup) Blitar petahana Rijanto mengajukan diri sebagai orang pertama yang bersedia disuntik vaksin Covid-19. Dia mengaku tidak khawatir dengan risikonya meskipun belum mengetahui ada tidaknya efek samping vaksin yang dipastikan pemerintah terlebih dulu melalui uji standar WHO.

"Ya ndak lah (tidak takut). Saya bersedia divaksin Covid-19 yang pertama," ujar Rijanto, Kamis (19/11/2020).

Menurut Rijanto, dengan mengajukan diri sebagai orang pertama yang bersedia divaksin Covid-19, dia ingin memberi keteladanan warga Kabupaten Blitar. "Untuk teladan kepada masyarakat Kabupaten Blitar," kata Rijanto.

Namun, Rijanto belum bisa memastikan apakah cawabup pendampingnya, yakni Marheinis Urip Widodo juga ikut bersedia. Dia pun mempersilakan wartawan untuk menghubungi langsung yang bersangkutan.

"Monggo mas saja yang kontak (Marheinis Urip Widodo)," ujar Rijanto.

Diketahui, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar relatif tinggi. Tercatat hingga 17 November, kasus positif mencapai 970 kasus dengan 76 orang meninggal dunia dan 837 orang sembuh.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar menilai, terus bertambahnya kasus positif disebabkan tingkat kesadaran warga terhadap protokol kesehatan (prokes) masih rendah.

Sikap senada juga diungkapkan Cawali Petahana Kota Blitar Santoso. Ia menegaskan, sebagai panutan di Kota Blitar dirinya siap disuntik vaksin Covid-19 yang pertama. Santoso berharap langkahnya akan diikuti masyarakat Kota Blitar.

"Sebagai panutan warga maka saya siap untuk divaksin (yang pertama) agar diikuti oleh masyarakat," ujar Santoso.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2