Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 3 Kg Sabu dalam Stop Kontak asal Malaysia

Pramono Putra ยท Jumat, 25 September 2020 - 14:55 WIB
Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 3 Kg Sabu dalam Stop Kontak asal Malaysia
Petugas Bea Cukai Juanda menunjukkan barang bukti stop kontak yang dipakai menyimpan sabu.(Foto: iNews.id/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.idBea Cukai Juanda Surabaya mengagalkan penyelundulan 3 kg sabu asal Malaysia, Jumat (25/9/2020). Serbuk haram tersebut diamankan petugas dari seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Probolinggo.

Untuk mengelabui petugas, 3 kg sabu tersebut disimpan di dalam puluhan stop kontak listrik. Namun, upaya tersebut gagal, setelah petugas memeriksa dan melakukan penggeledahan.

Kepala Bea Cukai Juanda Budi Harjanto mengatakan, penyelundupan sabu tersebut terbongkar setelah petugas curiga dengan barang bawaan pelaku berupa stop kontak lisrtrik. Apalagi, jumlahnya cukup banyak.

“Ini memang aneh, stop kontak dibawa dari Malaysia. Padahal di sini banyak. Kami periksa pakai x-ray dan kami melihat ada sesuatu di dalam barang bawaan itu. Kami langsung uji laboratorium di BNNP (Badan Narkotika Nasional) dan hasilnya positif sabu,” katanya, Jumat (25/9/2020).

Budi mengatakan, sabu tersebut merupakan titipan dari seorang bandar di Malaysia. Informasinya, barang akan diambil oleh pemesan saat tiba di Bandara Internasonal Juanda. “Tetapi, dia lebih dulu tertangkap,” katanya.

Dari hasil penyelidikan, sabu senilai Rp3 miliar tersebut hendak dikirim kepada seseorang di Surabaya dan akan diedarkan di Madura.

Sementara itu tersangka Budi Hartono berdalih tidak mengenal seseorang yang menitipkan sabu 3 kg tersebut. Dia hanya diberi pesan dan dijanjikan uang. “Janjinya mau diberi Rp30 juta. Tetapi, saya baru diberi Rp1,5 juta. Sisanya dibayar saat barang sampai,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin