20 Santri Positif Covid-19, Aktivitas Ponpes Darussalam Jombang Dibatasi

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 25 September 2020 - 08:28 WIB
20 Santri Positif Covid-19, Aktivitas Ponpes Darussalam Jombang Dibatasi
Ponpes Darussalam, Mojowarno Jombang sepi aktivitas setelah 20 santri positif Covid-19. (Foto: iNews.id/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Sebanyak 20 orang santri Pondok Pesantren Darussalam, Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Jombang, positif Covid-19. Seluruh santri positif tersebut kini menjalani isolasi di apartemen mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang.

Camat Mojowarno, Arief Hidayat mengatakan, kasus positif Covid-19 di pesantren itu terdeteksi setelah enam orang santri putri mengeluh sakit di bagian hidung. Mereka juga mengalami gangguan penciuman, sehingga tidak bisa membau.

“Mereka selanjutnya dibawa ke rumah sakit dan dilakukan rapiid test dan tes swab. Hasilnya, positif Covid-19,” katanya, Jumat (25/9/2020).

Atas hasil tersebut, tim Covid-19 Kabupaten Jombang bergerak cepat, melakukan tracing dan memeriksa seluruh santri dan didapati 20 orang santri terpapar. “Kami belum mengetahui dari mana penularannya. Ini masih ditelusuri,” ujarnya.

Arief mengatakan, untuk mengantisipasi penularan lebih luas, satu gugus tugas penanganan Covid-19 dari Kecamatan Mojowarno dan Desa Gondek akan rutin melakukan sterilisasi di lingkungan pondok. Mereka juga akan terus memantau keadaan para santri lainnya yang kini masih berada di pesantren.

Sementara itu, pantauan iNews.id, sejak kemarin Pondok Pesantren Darussalam terlihat sepi. Tidak terlihat aktivitas para santri seperti biasanya. Menurut salah seorang pengurus, kegiatan para santri memang dibatasi untuk meminimalisasi potensi penularan.


Editor : Ihya Ulumuddin