Atraksi Rajawali Laut Flight Buka Navy Jazz Traffic Festival 2022 di Malang 

Lukman Hakim · Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:27:00 WIB
Atraksi Rajawali Laut Flight Buka Navy Jazz Traffic Festival 2022 di Malang 
Atraksi Rajawali Laut Flight dalam gelaran Navy Jazz Traffic Festival 2022 di Malang, Sabtu (14/5/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Atraksi Rajawali Laut Flight menjadi penanda dimulainya gelaran Navy Jazz Traffic Festival (NJTF), di Villa Navy Residence Lawang, Kabupaten Malang, Sabtu (14/5/2022). Saat itu para pilot Puspenerbal TNI AL menunjukkan kepiawaiannya mengendalikan pesawat Beechcraft Bonanza G-36 produksi Amerika Serikat.

Berbekal jam terbang pilot yang tinggi, pesawat yang sebetulnya bukan untuk aerobatik bisa diajak bermanuver dengan berbagai formasi, hingga melakukan aksi 'melukis langit' Malang yang cerah. Alhasil, penampilan udara enam unit pesawat tersebut sukses memukau para penonton NJTF yang sudah hadir di lokasi. 

"Ada delapan formasi di antarnya Delta Formation, Arrow Formation, V Formation, Head to Head Formation, Stingray Formation, Break Attack Formation, Left Echelon Formation dan lainnya," ujar Mayor Laut (P) Rai Terianom Pasop Wing Udara 2 Puspenerbal TNI AL, di Navy Stage VNR Lawang Malang.

Lebih lanjut, Mayor Laut (P) Rai mengungkap tingkat kesulitan terbang di lokasi NJTF. "Kesulitannya, kami harus menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. Terutama cuaca, ketinggian, obstacle (rintangan) di sekitar sini. Sehingga, harus lebih ekstra hati-hati untuk menentukan lintasan-lintasan mana saja," katanya. 

Walau begitu, atraksi demonstrasi udara tersebut berjalan dengan lancar. Suksesnya atraksi itu juga berkat koordinasi apik para pilot, co-pilot di Pesawat Bonanza dan pengendali atau ground crew di area Navy Stage.

"Sebelum terbang sudah cek dengan BMKG dan koordinasi dengan Bandara Abdulrachman Saleh, dan Lanudal Juanda. Walau ada beberapa perubahan di ketinggian awan yang diprakirakan tadi sekitar 5.000 kaki turun jadi 4.000 kaki, tapi tidak masalah," ujarnya.

Atraksi Demonstrasi Udara Rajawali Laut Flight Puspenerbal TNI AL yang menghiasi langit Navy Jazz Traffic Festival hari ini, Sabtu (14/5/2022) berlangsung sekitar 15 menit. Selain Pesawat jenis Beechcraft Bonanza G-36, ada pula Pesawat Udara Sasa 212 U-6205 yang ditumpangi penerjun Kopaska, dan 1 unit Helikopter Bell 505.

Aksi Rajawali Laut Flight ditutup dengan manuver enam pesawat yang melesat bersama-sama, lalu memisahkan diri seperti kembang api atau dikenal dengan istilah boomburst.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: