3 Warganya Jadi Korban Lion Air, Polda Jatim Kirim 4 Tim Forensik

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 30 Oktober 2018 - 11:49 WIB
3 Warganya Jadi Korban Lion Air, Polda Jatim Kirim 4 Tim Forensik
RS Bhayangkara Polda Jatim. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id - Polda Jawa Timur (Jatim) ikut bergerak membantu proses identifikasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (29/10/2018). Mereka mengerahkan empat tim forensik dari unit disaster victim identification (DVI) dalam membantu proses penanganan identifikasi korban.

Kabid Dokkes RS Bhayangkara Polda Jatim Kombes Pol Budi Hariadi mengatakan, hal ini menyusul adanya korban yang berasal dari warga Surabaya, Blitar, dan Madiun. Dua tim sudah diberangkatkan sejak semalam ke Jakarta dan dua lagi menuju sedang rumah korban di Surabaya, Blitar dan Madiun, Selasa (30/10/2018) pagi.

"Tim forensik yang ke Jakarta untuk mengambil data Post Mortem. Sementara yang di Surabaya, Blitar dan Madiun untuk data Ante Mortem. Riwayat korban ketika masih hidup," katanya, Selasa (30/10/2018).


Tak hanya itu, tim forensik di Jatim juga akan mengambil sampel darah keluarga korban. Sampel tersebut diperlukan untuk tes DNA sehingga mudah mencari kecocokan saat proses identifikasi.

Budi berharap, proses kerja tim forensik berjalan lancar sehingga bisa mempercepat proses identifikasi jasad korban. "Mudah-mudahan semua lancar. Hari ini juga 12 personel dari empat tim ini sudah bekerja," ujarnya.

Diketahui, tiga dari 189 penumpang korban Lion Air JT-610 berasal dari Jatim. Masing-masing dari Surabaya, Blitar dan Madiun. Data penumpang tersebut diketahui dari manifest penumpang pesawat yang jatuh di perairan Karawang Jawa Barat tersebut.

Pesawat Lion Air JT-610 yang nahas jatus 13 menit usai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, menuju Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, Senin (29/10/2018) pukul 06.20 WIB. Pesawat awalnya hilang kontak hingga dipastikan jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.|

Pesawat mengangkut total 189 orang. Terdiri atas 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak, 2 bayi, serta dua awak kokpit dan enam pramugari juga berada di dalam pesawat tersebut.


Editor : Donald Karouw