Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie Competition. (Foto: dok Pemkab Bojonegoro)
Anindita Trinoviana

BOJONEGORO, iNews.id - Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie Competition yang digelar Jumat (25/11/2022) malam berlangsung semarak. Aneka buah dan sayuran, dikreasi menjadi kostum dan diperagakan oleh para milenial. Kegiatan perdana yang digelar Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini sebagai langkah mewujudkan kecintaan pada produk lokal

Kegiatan malam itu menjadi puncak rangkaian acara Getuk Parasa yang merupakan gerakan untuk percepatan penganekaragaman konsumsi pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Mas Tumapel Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro Helmi Elisabeth mengucapkan rasa terima kasih atas arahan dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Sekda Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah, dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. 

"Terima kasih juga kepada seluruh warga Bojonegoro. Ini salah satu upaya untuk memperkenalkan kepada generasi milenial agar mengonsumsi pangan lokal yang merupakan pangan lokal sumber daya asli Bojonegoro," ujarnya. 

Bojonegoro, lanjutnya, memiliki banyak sumber daya alam. Beberapa di antaranya seperti beras, jagung, dan produk hortikultura yang tak kalah menariknya. Bojonegoro Fashion Street bertema Fruit and Veggie ini diikuti 38 peserta yang membawakan kostum terbaik tema buah dan sayur lokal Bojonegoro.

Adapun tiga dewan juri yang dihadirkan merupakan sosok berkompeten di bidangnya masing-masing. Ketiga dewan juri tersebut ialah Bela Putri Ekasandra (Putri Indonesia Jawa Timur 2019, Afidah Salsabila Putri (Putri Pariwisata Nusantara 2021), Riski Dwi Cahya (National Director Miss Hijab Indonesia).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah, mengucapkan rasa syukur karena cuaca yang mendukung. Selain itu, juga berterima kasih atas arahan bupati atas perlu adanya peningkatan potensi untuk kegiatan IKM agar lebih berdaya. 

"Maka perlu ada panggung. Malam hari ini telah diwujudkan Bojonegoro Fashion Street dengan menampilkan aneka buah dan sayur segar potensi lokal dari Bojonegoro," katanya.

Dia mengajak seluruh pihak untuk mendukung kegiatan yang akan memberikan dampak positif. Para peserta fashion show inilah yang harus lebih cinta pada produk lokal Bojonegoro. Kegiatan ini juga selaras pada program pemerintah pusat untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi angka stunting. 

"Dengan cinta produk lokal, masyarakat Bojonegoro semakin sehat," tuturnya.

Masih dalam kesempatan sama, para pengunjung antusias menyemarakkan Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie Competition. Salah satunya, Nurlaila asal Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander mengaku senang dengan adanya acara rakyat seperti ini. Apalagi, turut menampilkan produk-produk lokal yang harganya termasuk murah meriah namun berkualitas. 

"Sekalian saya juga mengajak anak-anak untuk menonton. Bisa menjadi sumber inspirasi khususnya anak muda," tuturnya.

Berikut daftar pemenang Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie Competition 2022: 

1. Juara 1 Evelin asal Bojonegoro
2. Juara 2 Lila Dwi Ayu Nur S. dari STIKES Rajekwesi Bojonegoro
3. Juara 3 Farah Indar asal Bojonegoro
4. Juara Harapan 1 Debi Nova Noviyan asal Mulyoagung, Bojonegoro
5. Juara Harapan 2 Eka Lutfiya Rahayu asal SMA Al Aly 
6. Juara Harapan 3 Selvi Aulia asal Bojonegoro
7. Juara Favorit Antika Zahristy dari STIKES Rajekwesi Bojonegoro


Editor : Anindita Trinoviana

BERITA TERKAIT