Warga Surabaya Ramai-Ramai Kibarkan Bendera Putih Imbas PPKM Darurat

Aan Haryono ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 15:56:00 WIB
Warga Surabaya Ramai-Ramai Kibarkan Bendera Putih Imbas PPKM Darurat
Warga Kota Surabaya mulai memasang bendera putih tanda menyerah imbas PPKM Darurat. (Foto: MNC Portal/Aan Haryono)

SURABAYA, iNews.idWarga Kota Surabaya ramai-ramai mengibarkan bendera putih imbas dari perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021. 

Pemasangan bendera putih itu dijumpai di beberapa kantong perekonomian Kota Pahlawan. Para pelaku ekonomi itu mulai menyerah dengan kondisi pemberlakuan PPKM Darurat yang memaksa mereka harus menutup lapak. 

Kondisi itu terlihat jelas di berbagai jalan legendaris pendulang rejeki di Surabaya seperti di Jalan Sasak, Jalan KH Mas Mansyur maupun di Bronggalan, Jumat (23/7/2021).

Penjual parfum di kawasan Ampel Surabaya, Bahtiar mengaku sudah tak ada lagi pemasukan dan finansial untuk bertahan hidup sudah tak lagi cukup. Situasi ini sangat berat baginya untuk menjalani masa sulit selama pandemi.

“Nggak ada lagi pemasukan, mau berdagang juga nggak bisa. Mau bertahan hidup dari mana kalau seperti ini,” katanya.

Kondisi yang sama juga disampaikan oleh para warga di Jalan Sasak. Dalam sebuah video yang tersebar di berbagai media sosial, mereka membentangkan bendera putih yang menandakan menyerah selama PPKM Darurat. 

Bendera putih dari bahan kain itu dipasang pada sebilah kayu dan sengaja dipasang oleh warga masyarakat sebagai bentuk pernyataan menyerah pada kondisi saat ini.

“Masyarakat di sekitar Ampel menyatakan menyerah dengan mengangkat bendera putih. Kondisi keuangan sudah tak mampu untuk menjalani PPKM Darurat ini,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2