Wakil Sekretaris PWNU Jatim Gus Wahid Dimakamkan di Kompleks Ponpes Seblak Jombang

Ihya Ulumuddin ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 21:08 WIB
Wakil Sekretaris PWNU Jatim Gus Wahid Dimakamkan di Kompleks Ponpes Seblak Jombang
Almarhum Gus Wahid. (Foto: iNews.id/istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) M Abdul Wahid Mahfudz (Gus Wahid) berpulang, Sabtu malam (27/6/2020). Jenazah dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Seblak, Kabupaten Jombang, Minggu (28/6/2020).

“Hari ini dimakamkam di Seblak Jombang, makam ayah dan ibunya,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Sokhib (Gus Salam), Minggu (28/6/2020).

Kepergian Gus Wahid menghadirkan duka mendalam bagi keluarga besar NU. Ucapan belasungkawa dan doa untuk almarhum terus berdatangan, termasuk dari Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim.

“Seluruh pengurus dan kader ISNU Jawa Timur turut berbelasungkawa atas meninggalnya Gus H Wahid Mahfudz,” demikan tulis ucapan itu.

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Sokhib (Gus Salam) mengatakan, Gus Wahid merupakan cicit pendiri NU KH Hasyim Asyari. Dia juga adik dari Pengasuh Ponpes Tebuireng saat ini KH Abdul Hakim Mahfudz.

“Beliau juga masih sepupu dengan Rais Syuriah PWNU KH Anwar Manshur. Beliau pernah sekolah di Belanda,” katanya.

Informasi yang dihimpun, Gus Wahid wafat setelah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit pada Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 20.00 WIB. Mengenai informasi yang menyebut Gus Wahid wafat karena Covid-19, PWNU Jatim memberikan klarifikasi.

“Saya mengonfirmasi berita Gus Wahid dengan kata leres (benar). Itu (leres) untuk menjelaskan kabar duka. Kami tidak punya kewenangan menjelaskan itu (penyebab meninggal) karena saya memang tidak tahu,” kata Sekretaris PWNU Jatim Prof Muzakki.


Editor : Ihya Ulumuddin