Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Tuban Mulai Dibuka Bertahap

Pipiet Wibawanto ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 10:55 WIB
Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Tuban Mulai Dibuka Bertahap
Peziarah berdoa di depan makam Sunan Bonan, Tuban, Minggu (28/6/2020). (Foto: iNews.id/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.idWisata religi Makam Sunan Bonang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) kembali dibuka secara bertahap. Sejumlah peziarah diperbolehkan masuk, tetapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat.

Sesuai peraturan, para peziarah hanya diperbolahkan berada di kompleks makam selama 25 menit. Jumlah peziarah juga dibatasi hanya 60 orang, dan diharuskan mengenakan masker, cuci tangan serta menjaga jarak 1 meter.

Pengurus Yayasan Sunan Bobang, Tuban, Ihwan Hadi mengatakan, sesuai rencana pemerintah, makam Sunan Bonang baru akan dibuka pada Agustus mendatang. Namun, untuk kesiapan, hari ini pihaknya membuka secara bertahap.

“Semua anjuran pemerintah sudah kami ikuti, terurama kelengkapan protokol kesehatan. Maka sambil menunggu bulan Agustus, ini kita buka bertahap,” katanya, Minggu (28/6/2020).

Pantauan iNews.id, sejumlah peziarah juga mulai berdatangan, meski tak seramai biasanya. Mereka datang dari wilayah sekitar Tuban serta beberapa daerah lain di Jatim, di antaranya rombongan dari Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

“Alhamdulillah, sudah boleh masuk, tetapi ya memang dibatasi,” kata salah seorang peziarah, Sriyati.

Diketahui, sejak pandemi Covid-19, wisata religi Sunan Bonang ditutup total. Kebijakan ini dilakukan sesuai arahan Pemerintah Kabupaten Tuban. Tak hanya wisata religi Sunan Bonang, seluruh objek wisata di Tuban lainnya juga ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Editor : Ihya Ulumuddin