Wacana Pemindahan Pasien Covid-19 Jatim ke Pulau Galang Kepri, Ini Kata Gubernur Khofifah

Rahmat Ilyasan ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 09:30 WIB
Wacana Pemindahan Pasien Covid-19 Jatim ke Pulau Galang Kepri, Ini Kata Gubernur Khofifah
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah berencana memindahkan pasien Covid-19 dari daerah dengan penularan tinggi di Jawa Timur (Jatim) ke Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri). Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi rencana tersebut karena bisa mengurangi beban rumah sakit.

Namun demikian, dia mengaku tetap khawatir jarak jauh menjadi kendala dalam proses pemindahan. Selain itu juga dalam membujuk pasien agar berkenan dipindah dan diisolasi di Pulau Galang bukan hal yang mudah.

"Di sini saja, pasien Covid-19 enggan diisolasi karena jarak rumah sakit rujukan jauh. Mereka masih kepikiran anak bagaimana, hewan ternak nanti bagaimana," katanya, Kamis (2/7/2020).

Pemprov Jatim bahkan telah berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II terkait transportasi milik TNI AU yang akan digunakan untuk memindahkan pasien. Bahkan ada rencana memindahkan pasien dengan pesawat Hercules.

Saat ini, upaya yang dilakukan untuk relaksasi rumah sakit yakni dengan menerapkan one gate system atau sistem satu pintu. Sistem ini dikomandoi langsung oleh Pangkogabwilhan II sesuai instruksi presiden.

Tujuannya untuk mempermudah pengklasifikasian pasien Covid-19 mulai dari tanpa gejala hingga gejala berat. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan pasien di rumah sakit.

Selain itu, penerapan satu kali tes swab negatif untuk pasien Covid-19 yang sembuh juga tengah dilakukan untuk mencegah penumpukan di rumah sakit.

Sebagai informasi, penyebaran Covid-19 di Jatim masih tertinggi di Indonesia. Data per tanggal 2 Juli 2020, sebanyak 12.681 orang terpapar virus corona.

Pasien yang dirawat sebanyak 6.930 orang dan meninggal mencapai 971 orang. Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 4.638 orang.

Akhirnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mewacanakan pemindahan pasien Covid-19 di Jatim.


Editor : Umaya Khusniah