Viral, Warga Adang Ambulans Pembawa Jenazah Suspect Covid-19 di Madiun

Arif Wahyu Efendi ยท Selasa, 15 September 2020 - 15:06 WIB
Viral, Warga Adang Ambulans Pembawa Jenazah Suspect Covid-19 di Madiun
Sempat ditolak, petugas berpakaian APD akhirnya memakamkan jenazah suspect Covid-19 dengan pengawalan TNI-Polri. (Foto: iNews/Arif Wahyu Efendi)

MADIUN, iNews.idAmbulans pengangkut jenazah suspect Covid-19 di Madiun dihadang warga. Aksi pengadangan tersebut terekam video amatir dan viral di media sosial.

Dalam rekaman tersebut warga yang mengaku Ketua RT, Awaludin, meminta pengemudi mobil ambulans berhenti. Tak hanya itu, dia juga memaksa petugas turun untuk menjelaskan kondisi status jenazah berinisial ART tersebut.

“Kami ini trauma. Apa benar jenazah ini meninggal karena Covid-19. Harus ada penjelasan dulu. Kami bukannya menghalangi, tetapi harus ada klarifikasi atau keterangan resmi dari rumah sakit,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Sempat terjadi ketegangan antara Awaludin dan petugas berpakaian APD lengkap. Tak ingin terjadi sesuatu, pengemudi ambulans lantas mematikan mesin mobil dan turun menemui Awaludin untuk menjelaskan status jenazah.

“Jenazah ini memang belum positif Covid-19, baru suspect. Tetapi untuk mengantisipasi sesuatu, dilakukan protokol demikian,” katanya.

Petugas juga menjelaskan, bahwa pasien reaktif saat menjalani rapid tes dan telah dites swab. Namun, hasilnya belum keluar.

“Jenazah ini meninggal pada Minggu (14/9/2020). Untuk mengetahui pasti penyebab kematian pasien, petugas juga meminta warga datang ke rumah sakit,” katanya.

Awaludin dan beberapa warga lainnya sempat tidak terima begitu saja dengan penjelasan petugas. Beruntung aparat Babinkamtibmas cepat datang dan melakukan mediasi, sehingga ketegangan bisa diredam.

Tak hanya itu, jenazah ART diperbolehkan dibawa ke permakaman untuk dimakamkan sesuai standar Covid-19.


Editor : Ihya Ulumuddin