Viral Pria Tendang Sesajen di Semeru, Bupati Lumajang Geram Minta Pelaku Dicari

Avirista Midaada ยท Senin, 10 Januari 2022 - 05:58:00 WIB
Viral Pria Tendang Sesajen di Semeru, Bupati Lumajang Geram Minta Pelaku Dicari
Tangkapan layar laki-laki yang menendang dan membuang sesajen di Gunung Semeru.

Selanjutnya dia berencana bakal mengedukasi para relawan yang masih bertugas di kawasan bencana erupsi Gunung Semeru, agar menghormati kearifan lokal warga setempat. 

"Harus ada segera langkah-langkah melakukan pemahaman kembali kepada seluruh relawan yang datang di Lumajang adalah prioritasnya urusan kemanusiaan. Ada masyarakat kena bencana, relawan datang karena urusan kemanusiaan bukan karena urusan lain," katanya. 

Sebelumnya viral di media sosial sebuah video yang menampilkan seorang laki-laki membuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Ada dua video yang beredar dengan durasi 30 detik dan 20 detik. 

Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan  penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji. Sesaji berupa beras, bunga, pisang itu diletakkan di sebuah tempat lalu dibuang pria tersebut.

Bahkan di salah satu video, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembayang agama Hindu itu. Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa. Sesaji itu dia buang sambil mengucapkan takbir beberapa kali.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: