Vaksinasi Covid Tahap Pertama di Jatim Diprioritaskan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik

Lukman Hakim · Selasa, 12 Januari 2021 - 14:18:00 WIB
Vaksinasi Covid Tahap Pertama di Jatim Diprioritaskan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Ist)

SURABAYA, iNews.id – Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Provinsi Jawa Timur (Jatim) diprioritaskan di Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Pemprov Jatim telah siap melakukan program vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1/2021) mendatang. 

Ketiga kota itu diprioritaskan untuk tahap pertama sesuai dengan surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Saat ini di gudang penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim terdapat 77.760 dosis vaksin. Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap pertama di bulan Januari untuk tenaga kesehatan (nakes) yang merawat para pasien CovidD-19. 

"Pejabat Pemprov Jatim bersama dengan para dokter, tokoh agama, dan civitas akademika akan memberikan keteladanan langsung pada masyarakat dengan menjadi individu yang mendapatkan vaksinasi pertama di tanggal 14 Januari 2021," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) virtual bersama tiga kepala daerah yang menjadi prioritas vaksinasi Covid-19, Selasa  (12/1/2021).

Khofifah juga berharap penduduk Jatim bersiap untuk mendapatkan vaksinasi. Pemprov Jatim akan berusaha sebaik mungkin untuk memastikan masyarakat Jatim mampu mendapatkan vaksinasi. "Jadi jangan ragu untuk imunisasi vaksin Covid-19, karena ini aman dan halal," kata Khofifah.

Khofifah meyakinkan pada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 Sinovac aman dan halal. Hal ini cukup beralasan karena per tanggal 11 Januari 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization untuk vaksin asal China tersebut. 

"Vaksinasi ini menjadi kunci untuk memberikan perlindungan bagi  masyarakat terhadap Covid-19 sekaligus menjadi momentum untuk menyelaraskan tujuan kesehatan dan ekonomi," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2