Vaksin Meningitis Langka, Biro Penyelenggara Haji dan Umrah di Surabaya Menjerit

Hari Tambayong ยท Senin, 26 September 2022 - 16:23:00 WIB
Vaksin Meningitis Langka, Biro Penyelenggara Haji dan Umrah di Surabaya Menjerit
Ilustrasi jamaah umrah. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Kelangkaan vaksin meningitis bikin biro penyelenggara ibadah haji dan umrah di Surabaya menjerit. Pasalnya, ribuan calon jamaah terancam gagal berangkat.

Para penyelenggara ibadah haji dan umrah pun berharap pemerintah menyediakan solusi kelangkaan vaksin meningitis yang menjadi salah satu syarat wajib untuk ibadah ke Tanah Suci.

"Sekarang pandemi sudah berlalu, vaksin meningitis tidak ada. Hanya 10 persen saja, kita sudah mencari ke mana-mana nggak ada, di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) juga nggak ada, rumah sakit swasta juga nggak ada," kata Direktur Penyelenggara Ibadah Umrah Andalus Surabaya, Muhammad Ramli, Senin (26/9/2022).

Selain itu, kerugian besar juga akan dialami penyelenggara ibadah haji dan umrah karena banyak calon jamaah yang sudah mendaftar dan menunggu bertahun-tahun namun tidak bisa berangkat ke Tanah Suci.

Kerugian juga akan timbul akibat  tiket pesawat yang sudah dipesan tidak bisa dijadwal ulang. Begitu pula dengan visa yang sudah dibuat tidak mungkin bisa dibatalkan.

Ramli menyebut, pihaknya bakal memberangkatkan 600 calon jamaah umrah pada Oktober hingga Desember 2022 mendatang. Dia menyatakan ratusan jamaah umrah tersebut bisa gagal berangkat apabila kelangkaan vaksin belum terselesaikan.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: