Usai Gempa M 6,1, Gubernur Khofifah Minta Warga Jatim Waspada Banjir Bandang dan Longsor

Lukman Hakim ยท Minggu, 11 April 2021 - 16:25:00 WIB
Usai Gempa M 6,1, Gubernur Khofifah Minta Warga Jatim Waspada Banjir Bandang dan Longsor
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau bangunan yang roboh akibat gempa bumi Magnitudo 6,1 di Malang. (Foto: MNC Portal/Lukman Hakim)

MALANG, iNews.id – Pascagempa bumi Magnitudo 6,1 di selatan Jatim, Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta warga yang tinggal di bantaran aliran sungai besar, pegunungan dan perbukitan, mewaspadai ancaman tanah longsor dan banjir bandang

Permintaan itu diungkapkan Khofifah karena berdasarkan informasi yang dirilis BMKG, beberapa wilayah di Jatim akan mengalami hujan sedang hingga lebat hari ini, Minggu (11/4/2021). 

“Hujan ini dikhawatirkan akan memperbesar potensi bencana susulan berupa tanah longsor dan banjir bandang karena struktur dan kondisi tanah labil,” ungkap Khofifah di sela- sela kunjungan akibat gempa di Kecamatan Turen- Dampit dan Ampelgading Kabupaten Malang,  Minggu (11/4/2021). 

Adapun daerah yang diprediksi diguyur hujan tersebut yakni Kabupaten Probolinggo, Mojokerto,  Blitar, Malang, Kota Batu, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Trenggalek, dan Tulungagung. 

“Tetap waspada, jangan lengah.  Jika memang hujan deras, segera jauhi lereng dan hindari berada di lembah sungai. Cari tempat yang aman, lapang tanpa penghalang,” terang Khofifah.  

Gempa bumi telah mengguncang Kabupaten Malang, Lumajang dan Blitar dan beberapa daerah sekitar di wilayah  Jatim, pada Sabtu (10/4/2021) siang. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2