Upacara HSN 2021 di Grahadi, Gubernur Khofifah Ajak Santri Jihad Lawan Kemiskinan

Ihya Ulumuddin ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 22:28:00 WIB
Upacara HSN 2021 di Grahadi, Gubernur Khofifah Ajak Santri Jihad Lawan Kemiskinan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada para santri pada peringatan HSN di Grahadi, Jumat (22/10/2021). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak para santri untuk berjihad melawan kemiskinan. Pesan itu disampaikan Khofifah saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di halaman Gedung Negara Grahadi, Jumat (22/10/2021). 

"Kita harus jihad melawan kemiskinan untuk menjadikan kemiskinan itu masa lalu. Maka santri siaga jiwa raga, maka harus tingkatkan managerial skill untuk menyiapkan ekonomi yang kuat untuk negara dan bangsa," katanya. 

Khofifah juga menyampaikan bahwa saat ini para santri harus adaptif terhadap perkembangan zaman. Santri tidak hanya dituntut mahir ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan, ekonomi, dan juga teknologi. 

Mereka sejak dini harus diajarkan bagaimana adaptif dengan perubahan zaman agar bisa mewujudkan kemandirian ekonomi bagi diri sendiri bangsa dan negara. 

Khofifah menyebut, pihaknya telah menyiapkan program One Pesantren One Product (OPOP). Ekosistem entrepreneur dibangun dibangun di program itu.

Ekosistem yang dimaksud dimulai dari santripreneur, pesantreneur, dan juga sociopreneur. Program ini bahkan telah menghasilkan communal branding untuk produk kopi Jember, kopi Bondowoso, dan juga kopi Wonosalam. 

"Jadi mereka sekarang sudah menggunakan satu brand. Supaya kalau ada importir yang akan membeli produk ini dan jumlahnya besar maka komoditasnya sudah siap," tuturnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: