Tung Desem Positif Corona, Tim Covid-19 Kota Surabaya Lacak Panitia dan Peserta Ideacloud 2020

Ihya Ulumuddin, Hari Tambayong ยท Selasa, 07 April 2020 - 11:32 WIB
Tung Desem Positif Corona, Tim Covid-19 Kota Surabaya Lacak Panitia dan Peserta Ideacloud 2020
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat berfoto bersama motivator Tung Desem Waringin. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) melacak panitia dan peserta acara Forum Inovasi Ideacloud 2020. Upaya ini dilakukan setelah salah seorang narasumber pada acara tersebut, Tung Desem Waringin, positif terinfeksi corona.

“Kami melakukan penelusuran semua peserta, kami komunikasi dengan panitia dan direspons baik dengan memberikan nama data meski belum lengkap," kata Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Muhammad Fikser, Selasa (7/4/2020).

Fikser mengatakan, selain untuk mengantisipasi kemungkinan penularan, penelusuruan panitia dan peserta juga dilakukan untuk kepentingan pengawasan.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara juga memastikan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sehat dan tidak terpapar.

“Beliau tidak ada kontak dengan pemateri dan peserta. Setelah acara, beliau melakukan tes dan alhamdulillah,” katanya.

Diketahui, motivator Tung Desem Waringin positif terinfeksi corona. Kepastian ini disampaikan Tung sendiri melalui akun instagram ‘tungdesemwaringin.tdw’.

Di akun tersebut, Tung mengunggah foto dirinya bersama tenaga medis berpakaian APD lengkap di sebuah rumah sakit. “Kena Covid 19 deh...Mohon doa semoga cepat sembuh,” tulisnya.

Informasi yang dihimpun, sebelum dinyatakan positif corona pada 23 Maret, Tung Desem mengalami demam pada tanggal 18 Maret, atau tiga hari setelah hadir sebagai narasumber di acara Forum Inovasi Ideacloud 2020 di Voza Premium Office, Surabaya. Saat itu, jumlah peserta yang hadir kurang lebih 1.500 orang.


Editor : Umaya Khusniah