Tinjau Banjir Bandang Jember, Khofifah Pastikan Percepatan Perbaikan Fasilitas Umum

Lukman Hakim · Selasa, 11 Januari 2022 - 11:24:00 WIB
Tinjau Banjir Bandang Jember, Khofifah Pastikan Percepatan Perbaikan Fasilitas Umum
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau lokasi banjir bandang di Jember, Senin (10/1/2022) sore. (istimewa).

JEMBER, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau dampak banjir bandang yang menerjang beberapa bagian wilayah di Kabupaten Jember, Senin (10/1/2022). Kunjungan diawali di Perumahan Bumi Mangli Permai dan melihat  lokasi terdampak di wilayah RT 4 RW 13.

Banjir bandang di Kabupaten Jember pada Minggu (9/1/2022) sore. Akibatnya 440 rumah rusak di wilayah Kecamatan Kaliwates dan Rambipuji dan berdampak pada 1.668 warga. Tiga warga juga ditemukan meninggal dunia dalam bencana tersebut. 

"Yang sabar nggeh. Bapak ibu sehat sehat nggeh kami upayakan dan identifikasi kerusakan fasilitas umum agar segera diperbaiki," kata Khofifah kepada warga. 

Khofifah menyampaikan bahwa kehadirannya di Jember untuk mengidentifikasi dan menyiapkan terkait kebutuhan warga akibat dampak banjir bandang. Apalagi, pasca banjir bandang  biasanya diikuti pasir dan lumpur yang harus segera dibersihkan. "Pemkab Jember juga menyiapkan Damkar untuk pembersihan endapan lumpur maupun material," ujar Khofifah.