Terjaring Razia, Oknum Polisi di Surabaya Ini Marah dan Tantang Petugas

Hari Tambayong ยท Senin, 14 September 2020 - 13:20 WIB
Terjaring Razia, Oknum Polisi di Surabaya Ini Marah dan Tantang Petugas
Oknum Polisi ini menantang petugas saat terjaring razia masker di Jalan Darmo, Senin (14/9/2020). (Foto: iNews.id/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Oknum anggota polisi marah-marah saat terjaring razia masker di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), Senin (14/9/2020). Polisi bernama Donny Agustono, berpangkat Aiptu ini bahkan menantang petugas dan menolak menggunakan masker.

Sempat terjadi adu mulut antara oknum polisi dan petugas. Selanjutnya, yang bersangkutan dibawa ke Satpropam Polrestabes Surabaya untuk diproses.

Insiden ini bermula saat polisi memeriksa angkutan umum di Jalan Darmo Surabaya. Dalam pemeriksaan itu, petugas mendapati seorang penumpang tidak menggunakan masker. Petugas pun meminta yang bersangkutan turun.

Namun, oknum tersebut menolak. Dia mengaku bisa membeli masker sendiri. Karenanya, petugas memaksa yang bersangkutan turun. Saat itulah ketegangan terjadi, pria berambut cepak itu mengaku sebagai polisi dan menolak disanksi.

“Saya anggota. Saya polisi. Pangkat saya Aiptu. Saya tidak mau diberi masker. Saya bisa beli sendiri,” teriaknya.

Sejumlah petugas sempat kewalahan, hingga akhirnya Wakapolsek Wonokromo AKP Arif S, datang. Saat itulah, oknum polisi mau menunjukkan kartu identitas. Saat itu juga oknum polisi tersebut dibawa mobil patroli menuju Polrestabes Surabaya.

“Pas razia, ada penumpang angkot tidak bermasker. Karena melawan, dia kami turunkan. Dia mengaku anggota polisi berdinas di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Sekarang kita bawa ke Provos Polrestabes Surabaya,” katanya.

Diketahui, hari ini petugas gabungan Satpol PP dan TNI-Polri menggelar razua masker di sejumlah titik di Kota Surabaya. Razia ini digelas sebagai upaya penanganan Covid-19. Warga yang terjaring razia langsung disanksi di tempat. Sanksi tersebut berupa push up dan penyitaan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pantauan iNews.id, pelaku pelanggaran cukup banyak. Di depan KBS misalnya, belasan warga terjaring razia karena tidak memakai masker.


Editor : Ihya Ulumuddin