Tekan Penularan Covid-19, Unair Ciptakan Aplikasi DokterSafe untuk Tenaga Kesehatan  

Ali Masduki · Minggu, 17 Januari 2021 - 17:01:00 WIB
Tekan Penularan Covid-19, Unair Ciptakan Aplikasi DokterSafe untuk Tenaga Kesehatan  
Tampilan aplikasi DokterSafe buatan FK Unair untuk tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. (Foto: Sindonews/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menciptakan aplikasi DokterSafe untuk tenaga kesehatan. Aplikasi berisi panduan penanganan Covid-19 ini dibuat untuk menekan penularan Covid-19, terutama di kalangan tenaga kesehatan. 

Dekan FK Unair, Prof Dr dr Budi Santoso SpOG(K) menuturkan, panduan digital ini muncul atas tingginya angkat kematian tenaga kesehatan di Indonesia bahkan menduduki peringkat kelima di dunia.

"Kenyataannya masih banyak nakes yang tertular. Masih banyak nakes yang juga belum memahami standar yang  benar dalam menangani Covid-19 ini,” katanya disela peluncuran aplikasi DokterSafe secara daring, di kantor IDI Surabaya, Minggu (17/1/2021).

Dokter Budi menjelaskan, DokterSafe berisi berbagai macam informasi terkait Covid-19. Mulai dari data tentang kasus Covid-19 di seluruh Indonesia baik yang dalam perawatan, sembuh dan yang meninggal.

Selain itu ada juga self assessment untuk mengetahui seberapa besar risiko terpapar Covid-19. Ada pula link penting yang berkaitan dengan world health organization (WHO), Satgas Covid-19, Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Tim Mitigasi IDI dan Pandemictalks.

Kemudian tersedia kanal learning yang bisa dibuka untuk mengetahui video alat pelindung diri (APD) yang benar menurut standar WHO dan Kemenkes, standar protokol Covid-19 serta buku pedoman pelayanan.

Selanjutnya juga ada hotline nasional Covid-19, Satgas Covid-19, mitigasi Covid-19 IDI Pusat dan IDI Jatim. Serta dilengkapi pula dengan peta yang berhubungan dengan rumah sakit rujukan Covid-19 terdekat dari lokasi pasien.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2 3