Tebing 12 Meter di Jalur Kawah Ijen Longsor, Akses Banyuwangi-Bondowoso Putus 

Eris Utomo · Selasa, 28 Juni 2022 - 07:18:00 WIB
Tebing 12 Meter di Jalur Kawah Ijen Longsor, Akses Banyuwangi-Bondowoso Putus 
Penampakan material longsor yang menutup seluruh akses jalan Banyuwangi-Bondowoso menuju Kawah Ijen. (Foto: iNews.id/Eris Utomo).

BANYUWANGI, iNews.id - Tebing setinggi 12 meter dan panjang 30 meter di jalur menuju kawasan wisata alam Kawah  Ijen, longsor, Senin (27/6/2022) petang. Hingga Selasa (28/6/2022) pagi ini, material longsor setebal 6 meter yang menutup jalan belum bisa dievakuasi. 

Pantauan di lapangan, material longsor menutup seluruh badan jalan. Selain itu puluhan pohon pada sisi kiri dan kanan jalan juga tumbang menutup ruas jalan. Akibatnya, akses dari Bondowoso-Banyuwangi maupun sebaliknya tertutup total. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi bersama relawan sudah berupaya membuka jalur pada Senin malam. Namun belum membuahkan hasil. Sebab, kondisi tebing yang labil dan hujan yang terus mengguyur di kawasan pegunungan  sangat membahayakan tim evakuasi. 

"Kondisinya tidak memungkinkan untuk proses evakuasi tadi malam, sehingga pembersihan meterial longsor dihentikan. Pagi ini rencananya akan kami lanjutkan kembali," kata Petugas BPBD Banyuwangi Ade Setiawan.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: