Tanpa Hisab dan Rukyat, Umat Islam di Jember Rayakan Idul Fitri Hari Ini 

Bambang Sugiarto · Rabu, 12 Mei 2021 - 09:34:00 WIB
Tanpa Hisab dan Rukyat, Umat Islam di Jember Rayakan Idul Fitri Hari Ini 
Ratusan jemaah melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Besa Ponpes Mahfilud Dluror, Jember, Rabu (12/5/2021). (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto).

JEMBER, iNews.id - Umat muslim di sekitar Pondok Pesantren Mahfilud Dluror di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk, Jember merayakan Idul Fitri, Rabu (12/5/2021). Mereka berlebaran lebih awal dari ketetapan pemerintah yang memutuskan 1 Syawal 1442 H, Kamis (13/5/2021). 

Pantauan iNews.id, ratusan jemaah memadati masjid besar area pesantren untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Selain para santri dan warga setempat, salat Idul Fitri juga diikuti warga Kabupaten Bondowoso. Sebab, letak pondok pesantren tersebut berada di perbatasan Jember dan Bondowoso. 
 
Pondok Pesantren Mahfilud Dluror menetapkan Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu (12/5/2021) berdasarkan hitungan kitab Nushatul Majaalis wa Muntahobul Nafaais. "Kitab itu diterapkan sejak tahun 1826, sehingga tidak menggunakan metode hisab atau rukyat," kata salah seorang jemaah. 
 
Sebelumnya, mereka memulai puasa sehari lebih awal dari penetapan pemerintah. Karena penetapan awal puasa yang dilakukan di pesantren ini berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi (dari bahasa arab artinya lima/khomsatun) dalam kitab Nushatul Majaalis karangan Syeh Abdurrohman As Shufuri As Syafi'i. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2