Sumber Mata Air Bumi Majapahit Mojokerto, Harapan dari Jatim untuk Kejayaan IKN

Hanna Ratih Aninditya ยท Kamis, 08 September 2022 - 08:10:00 WIB
Sumber Mata Air Bumi Majapahit Mojokerto, Harapan dari Jatim untuk Kejayaan IKN
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan tanah dan air dari sumber mata air bumi Majapahit Mojokerto kepada Presiden Jokowi di IKN, Senin (14/3/2022). (istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Sumber mata air bumi Majapahit Mojokerto mendadak populer saat peletakan batu pertama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara. Penyebabnya, sumber mata air itu dibawa oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk dicampur bersama air dan tanah dari berbagai wilayah nusantara di IKN. 

Bukan tanpa alasan Gubernur Khofifah menyertakan tanah dan sumber mata air bumi Majapahit Mojokerto itu di IKN. Sebab, Majapahit merupakan kerajaan besar di Jatim yang pernah menguasai nusantara. Kejayaan itu pula yang diharapkan menular pada pembangunan IKN kelak. 

Di luar itu, sumber mata air Majapahit Mojokerto juga terkenal keramat. Beberapa masyarakat meyakini sumber air yang ada sejak masa Majapahit itu membawa keberkahan. Karena itu, tak jarang di antara mereka yang datang ke Mojokerto untuk mengambil air dari sumber mata air bumi Majapahit itu. 

Informasi yang dihimpun, sumber mata air bumi Majapahit tesebut berada di wilayah Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Mata air tersebut memiliki sumber yang bernama air panguripan Majapahit. 

Tujuh sumber mata air itu berada di wilayah Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Sumber mata air tersebut bernama air panguripan Majapahit.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: