Sisir Persawahan sejak Subuh, Polres Ponorogo Amankan 30 Balon Udara

Ahmad Subekhi · Kamis, 28 Mei 2020 - 09:43 WIB
Sisir Persawahan sejak Subuh, Polres Ponorogo Amankan 30 Balon Udara
Petugas Polsek Jetis mengamankan balon udara di area persawaan sesaat setelah diterbangkan. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Aparat Polres Ponorogo mengamankan sebanyak 30 balon udara, Kamis (28/5/2020). Puluhan balon tersebut diamankan di sejumlah area persawahan, beberapa saat setelah diterbangkan.

Sejak subuh, sejumlah aparat menyisir sejumlah tempat penerbangan balon. Tak jarang, mereka harus berlari di pematang sawah untuk mengejar balon yang nyaris terbang. Sedangkan di lokasi lain, petugas menjebol balon yang sudah terlanjur diterbangkan.

Informasi yang dihimpun, razia balon udara ini digelar serentak di seluruh polsek di Ponorogo sejak subuh. Petugas berpatroli, menyasar lokasi-lokasi penerbangan balon udara. Sebagian besar berada di persawahan.

Selama razia digelar, 30 balon udara diamankan. Sebagian disita dari lokasi, sebagian lainnya diserahkan oleh pemiliknya karena takut ditangkap. Petugas juga mengamankan 13 orang yang diduga sebagai pembuat petasan.

Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto mengatakan, balon-balon udara tersebut umumnya bukan dibuat perseorangan, tetapi bergotong royong antarwarga. “Biasanya ada penyandang dana. Mereka anak-anak muda. Akan kami telusuri siapa saja yang terlibat,” katanya, Kamis (28/5/2020).

Arief mengatakan, pihaknya akan menindak tegas pelaku yang terlibat dalam penerbangan balon ini. “Menerbangkan balon diancam hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp500 juta,” katanya.

Dia mengatakan, razia balon udara akan terus digelar, hingga 10 hari setelah Lebaran. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk tidak menerbangkan balon udara. Sebab, bisa membahayakan keselamatan penerbangan; menyebaban kebakaran; mengganggu jaringan listrik PLN; serta menimbulkan bahaya lainnya.


Editor : Ihya Ulumuddin