Sembuh dari Covid-19, 21 Santri Ponpes Darussalam Jombang Siap Dipulangkan

Mukhtar Bagus ยท Selasa, 29 September 2020 - 14:07:00 WIB
Sembuh dari Covid-19, 21 Santri Ponpes Darussalam Jombang Siap Dipulangkan
Para santri Ponpes Darussalam mengikuti senam pagi di tempat isolasi, Selasa (29/9/2020). (Foto: iNews.id/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Sebanyak 21 santri Pondok Pesantren Darussalam, Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno yang menjalani isolasi di Apartemen Mahasiswa Unipdu Jombang siap dipulangkan. Saat ini seluruh santri dalam kondisi baik dan dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Tim Gugus Tugas Covi-19 Kabupaten Jombang akan memulangkan mereka pada Rabu (30/9/2020) besok. Hari ini, mereka akan menjalani tes swab lanjutan untuk memastikan kondisinya benar-benar sehat.

“Kondisi mereka terus membaik selama masa karantina. Sekarang mereka sudah sembuh dan siap untuk pulang,” kata penanggung jawab isolasi Unipdu Jombang KH Zulfikar As’ad, Selasa (29/9/2020).

Zulfikar mengatakan, selama sepekan menjalani isolasi, 21 santri mengikuti semua program pemulihan dengan baik. Selain mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi, para santri juga rutin mengikuti senam pagi pemeriksaan kesehatan.

“Mereka sangat bersemangat. Alhamdulillah, kondisinya terus membaik dan sembuh,”ujarnya.

Diketahui, 22 santri Ponpes Darussalam Jombang positif Covid-19. Sebanyak 21 santri terpaksa diisolasi di Apartemen Mahasiswa Unipdu Jombang untuk mencegah penularan. Sedangkan satu santri dibawa pulang keluarganya di Surabaya.

Akibat kasus ini, aktvitas pesantren dibatasi. Sementara seluruh akses menuju pesantren juga ditutup. Upaya ini dilakukan agar Covid-19 tidak menular pada santri lainnya.

Kasus Covid-19 ini bermula dari enam santri yang mengalami gejala flu hingga kehilangan daya penciuman. Pihak pesantren selanjutnya melakukan rapid test dan tes swab. Hasilnya, mereka positif Covid-19.


Editor : Ihya Ulumuddin