Anak Kucing Terjebak dalam Pipa Pembuangan Air di Pasuruan, Petugas PMK Turun Tangan

Jaka Samudra ยท Selasa, 29 September 2020 - 10:25:00 WIB
Anak Kucing Terjebak dalam Pipa Pembuangan Air di Pasuruan, Petugas PMK Turun Tangan
Petugas PMK Pasuruan membongkar saluran pembuangan yang terbuat dari beton menggunakan linggis. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.idPetugas Pemadam Kebakaran (PMK) Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) melakukan upaya penyelamatan seekor anak kucing yang terjebak masuk pipa saluran air, Senin (28/9/2020) malam. Kucing yang terjebak sejak Senin pagi itu belum bisa dievakuasi meski sudah tiga jam proses penyelamatan.

Peristiwa ini terjadi di rumah warga bernama Niko, Perumahan Pondok Sejati Indah, Kota Pasuruan. Seekor anak kucing milik tetangga tanpa sengaja masuk saluran pembuangan saat bermain di lantai dua rumah.

“Awalnya, kucing tersebut bermaian di saluran pembuangan air hujan ukuran 3 dim di lantai dua rumah. Namun tidak sengaja masuk lubang dan terjebak. Kucing masuk saluran pembuangan air hujan di lantai bawah,” katanya.

Mengetahui hal tersebut, Niko lantas melapor ke petugas pemadam kebakaran untuk meminta pertolongan. Hal tersebut dilakukan juga karena kucing tersebut masih hidup dan terus mengeong.

Akhirnya, petugas harus merusak saluran air yang terbuat dari dari cor semen menggunakan linggis yang sudah disediakan. Saat petugas sudah menemukan saluran air, kucing belum juga langsung ditemukan.

Kucing kecil tersebut sempat dipancing menggunakan kucing lain agar mau keluar. Sayang, usaha ini tidak berhasil lantaran diduga kucing tersebut stres setelah terjebak di pipa air sejak pagi.

Petugas PMK Pemkot Pasuruan, Ali Murtado mengatakan, kesulitan yang dihadapi personel yakni saluran pembuangan yang terbuat dari beton. Sehingga petuga terpaksa membongkar dengan linggis.
“Kesulitannya, saluran pembuangan menggunakan beton, jadi harus dihancurkan dulu,” katanya.

Dia mengatakan, saluran pembuangan sudah dibuka, dengan harapan kucing tersebut akan keluar dengan sendirinya. Sementara pemilik kucing terus menantinya dan berharap hewan peliharaannya dapat keluar dengan selamat.


Editor : Umaya Khusniah