Sehari, 50 Korban Gempa Mamuju Dirawat di Rumah Sakit Terapung KRI dr Soeharso-990

Ali Masduki · Kamis, 21 Januari 2021 - 13:55:00 WIB
Sehari, 50 Korban Gempa Mamuju Dirawat di Rumah Sakit Terapung KRI dr Soeharso-990
Tenaga medis melakukan tindakan pada pasien di Rumah Sakit Terapung KRI dr Soeharso-990. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Para korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar), terutama di Kabupaten Mamuju, sangat terbantu dengan kedatangan rumah sakit terapung TNI AL, KRI dr Soeharso-990. Dalam sehari, KRI dr Soeharso-990 bisa merawat 50 korban gempa. 

Wakil Komandan Satgas Gempa Mamuju, Letkol Laut (K) dr M Solikhin mengatakan, sejak kedatangannya di Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Mamuju Jalan Arteri Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro, Kabupten Mamuju, KRI dr Soeharso-990 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agus Joko telah banyak menerima pasien. Para korban gempa terus berdatangan untuk mendapatkan perawatan intensif sehingga mengharuskan mereka membuka tenda darurat untuk menampung para pengunjung yang hendak berobat.

"Dalam sehari, untuk Rabu (20/1/2021) sejak pagi hingga sore hari menerima kunjungan dan pelayanan sebanyak 50 orang korban gempa," katanya melalui siaran pers, Kamis (21/1/2021).

Dari jumlah pasien yang berobat tersebut, ada 46 orang rawat jalan dan ada empat orang yang dirawat inap. Kebanyakan para pasien yang dirawat inap karena sakit fracture atau yang dikenal dengan sakit atau nyeri pada tulang. 

"Ini disebabkan banyak hal seperti patah dan bahkan beberapa pasien harus diberi tindakan operasi pemasangan gips," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2