Satu Keluarga Pencuri Kotak Amal Masjid di Malang Ditangkap, Ayah Ditahan

Avirista Midaada ยท Minggu, 22 November 2020 - 23:18:00 WIB
Satu Keluarga Pencuri Kotak Amal Masjid di Malang Ditangkap, Ayah Ditahan
Tangkapan layar satu keluarga di Malang mencuri kotak amal di masjid terekam kamera CCTV. (Foto: iNews/Avirista Midaada)

MALANG, iNews.id - Satu keluarga terdiri atas ayah, ibu dan seorang anak yang mencuri kotak amal masjid di Kabupaten Malang ditangkap polisi. Namun, dari ketiga pelaku polisi hanya menahan RS (43). Sedangkan anak dan istri pelaku tidak ditahan.

Aksi pencurian kotak amal masjid yang dilakukan satu keluarga itu sebelumnya sempat viral di media sosial. 

Dari informasi yang dihimpun, ketiga orang ini diamankan jemaah Masjid Miftahul Jannah, Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, pada Sabtu (21/11/2020) lalu, sekitar pukul 12.15 WIB. Mereka kemudian diserahkan ke Mapolsek Pagelaran. 

Ketiga orang itu, yakni RSH, 43, warga Kota Kediri, bersama istrinya serta satu anak laki-laki masih berusia 9 tahun. Polisi juga menyita barang bukti berupa sepeda motor Honda Kharisma dengan nopol AG 6549 NI yang digunakan pelaku menuju lokasi pencurian. 

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, ketiga orang tersebut sudah ditangkap. "Benar sudah diamankan saat ini masih penyelidikan," ucap Hendri Umar Minggu malam (22/11/2020). 

Dari hasil pemeriksaan, akhirnya polisi menahan RSH (43) sang ayah. Sementara istri dan anaknya yang berusia 9 tahun tidak ditahan polisi. 

“Bapaknya sudah kami lakukan penahanan,” kata Hendri. 

Dia menambahkan, bila penahanan ini dilakukan sesuai alat bukti cukup yang dimiliki polisi selama proses penyelidikan kepada pelaku. 

Sebelumnya, sebuah video pencurian kotak amal oleh satu keluarga di Masjid Darul Khoirot, Desa Banjarejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, viral beredar di media sosial. Pelaku terekam kamera tengah mencuri kotak amal di Masjid Darul Khoirot pada Kamis sore 19 November 2020 lalu. 

Dari rekaman kamera CCTV tampak dua orang dewasa yang diduga sepasang suami istri dan anaknya mengendarai sepeda motor menuju Masjid Darul Khoirot sebelum akhirnya beraksi. 

Pelaku laki-laki tampak berusaha membobol kotak amal masjid. Setelah kotak amal berhasil dibobol, sang perempuan yang diduga ibu dan anaknya yang memasukkan uang dari kotak amal tersebut ke tas yang mereka bawa. Berbekal rekaman kamera CCTV, polisi akhirnya melakukan penyelidikan. 

Editor : Kastolani Marzuki