Satu Dusun di Malang Lockdown karena Ada Warga Positif Covid usai Hadiri Hajatan

Yuswantoro · Minggu, 20 Juni 2021 - 21:15:00 WIB
Satu Dusun di Malang Lockdown karena Ada Warga Positif Covid usai Hadiri Hajatan
Lockdown di salah satu desa karena adanya warga terpapar Covid-19. (Foto: Dok iNews).

MALANG, iNews.id - Warga satu dusun di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) harus menjalani isolasi mandiri karena ada yang terpapar Covid-19 usai hajatan. Lokasi tersebut ditutup total untuk sementara waktu.

Langkah ini diambil setelah ada lima warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjingwetan. Mereka merupakan tamu dari acara hajatan pernikahan warga.

Anggota Tagana Kabupaten Malang, Syaiful Arif menyebutkan, hajatan berlangsung sekitar satu pekan lalu. Kemudian ada warga yang sakit dengan gejala mirip Covid.

"Usai hajatan, ada beberapa warga yang sakit dan gejalanya mirip Covid-19, akhirnya dilakukan rapid test antigen," kata Syaiful, Minggu (20/6/2021).

Hasil rapid test antigen terhadap warga dilakukan secara acak. Didapati ada lima yang reaktif, sehingga dilakukan tes PCR dan mereka dinyatakan positif.

"Akhirnya diputuskan warga satu dusun tersebut di lockdown," ujarnya.

Dia mengaku, ada sekitar 800 jiwa di dusun yang terletak di tepi pantai selatan tersebut. Mereka seluruhnya tidak diperbolehkan keluar dusun dan warga dari luar tidak diizinkan masuk untuk sementara waktu.

"Pintu masuk dusun dijaga ketat oleh Satgas Covid-19 dari desa dan aparat gabungan dari kecamatan. Lalu kami buka dapur umum untuk memasok makanan," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: