Rumput Stadion Gelora 10 November untuk Penunjang Piala Dunia U-20 Rampung

Ihya Ulumuddin ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 13:50 WIB
Rumput Stadion Gelora 10 November untuk Penunjang Piala Dunia U-20 Rampung
Sejumlah pekerja menyelesaikan pengerjaan rumput stadion Gelora 10 Novermber, Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Penanaman rumput Stadion Gelora 10 November Surabaya untuk penunjang Piala Dunia U-20 rampung dikejarkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyelesaikan 100 persen rumput lapangan, sesuai standar FIFA.

Kepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian, mengatakan, usai ditanam, saat ini masuk tahap pemeliharaan dan menunggu pertumbuhan serta adaptasi rumput.

“Proses pemeliharaan dan adaptasi ini membutuhkan waktu sekitar dua bulanan. Insyallah September sudah bisa dipakai dan ini sudah sesuai dengan time schedule yang disepakati bersama,” kata Iman, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, proses pemasangan rumput stadion memang relatif sulit. Bahkan dia harus mengeruk hingga 60 sentimeter.

“Jadi, Stadion Tambaksari itu sebelumnya memang hanya lapangan rumput konvensional dan ternyata tanahnya jenis tanah sampah. Tanah aslinya kita buang dulu. Sebab, untuk rumput ini memang membutuhkan tanah khusus,” katanya.

Setelah dilakukan pengerukan atau pengupasan tanah, lalu dipasangi geomembran. Selanjutnya dipasang drainase baru untuk penyiraman, karena selama ini memang tidak ada. Proses selanjutnya pemasangan batu kecil hingga tanah taman.

“Baru setelah itu ditanami rumput yang jaraknya sudah kita atur antarrumput itu,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perbaikan pada beberapa elemen lainnya, seperti perbaikan ruang ganti, pembuatan Jacuzzi dan sauna, dan lain-lain. “Perbaikan yang sudah selesai yakni ruang ganti, Jacuzzi, dan sauna sudah selesai juga,” kata dia.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya, Edi Santoso mengatakan, perbaikan lapangan Gelora 10 November menjadi salah satu proyek prioritas Pemkot Surabaya pada tahun 2020 ini. Salah satu prioritas perbaikannya yakni penggantian rumput sesuai standar yang ditetapkan FIFA.

Diketahui, selain Stadion Gelora Bung Tomo, Pemkot Surabaya menyiapkan dua lapangan penunjang untuk gelaran Piala Dunia U-20, salah satunya Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya.


Editor : Ihya Ulumuddin