Rumah Lahir Bung Karno di Jalan Pandean Surabaya Dijadikan Museum

Hari Tambayong · Senin, 06 Juni 2022 - 20:06:00 WIB
Rumah Lahir Bung Karno di Jalan Pandean Surabaya Dijadikan Museum
Penampakan rumah kelahiran Bung Karno di Surabaya yang akan dijadikan museum. (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean Gang IV Nomor 40, Kota Surabaya direvitalisasi menjadi museum. Rumah bersejarah ini akan dilengkapi sejumlah artefak hingga ornamen pendukung untuk menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir hingga menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

"Lokasi rumahnya tetap. Justru, kami tambah dengan menaruh museum di sini. Kami jadikan wisata sejarah baru di Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Senin (6/6/2022). 

Eri menyatakan, proses revitalisasi bangunan aset milik Pemkot Surabaya itu masih dilakukan. Pihaknya menargetkan, destinasi wisata museum ini segera dibuka dalam waktu yang tidak lama. 

Nantinya, rumah kelahiran Bung Karno akan dikoneksikan dengan destinasi wisata sejarah lain yang ada di kawasan ini. Sementara konsep yang tengah disiapkan adalah Kampung Kebangsaan.

Apalagi, tidak jauh dari rumah tersebut, ada rumah HOS Cokroaminoto yang berada Jalan Peneleh Gang VII Nomor 29-31, tempat kos Bung Karno selama menempuh pendidikan sekolah. Ada pula Langgar Dhuwur, masjid berusia 2 abad di kawasan ini yang disebut sebagai tempat mengaji Bung Karno.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: