Rumah di Kampung 3D Kota Malang Ludes Terbakar, Warga dan Wisatawan Panik

Deni Irwansyah ยท Minggu, 30 Juni 2019 - 18:06 WIB
Rumah di Kampung 3D Kota Malang Ludes Terbakar, Warga dan Wisatawan Panik
Petugas Damkar Kota Malang berupaya memadamkan api yang membakar sebuah rumah di kawasan Kampung 3D. (Foto: iNews.id/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id – Warga kawasan Kampung 3D di Jalan Gatot Subroto, Kota Malang, Jawa Timur dibuat panik dengan peristiwa kebakaran yang melanda salah satu rumah di kawasan wisata itu, Minggu (30/6/2019).

Saat kejadian berlangsung, kampung wisata rumah warna-warni itu sedang dipenuhi wisatawan. Warga pun berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tak berselang lama, enam mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkot Malang tiba di lokasi.

Namun, mobil damkar tidak bisa masuk ke lokasi karena kondisi jalan yang sempit. Petugas kemudian memadamkan api dari atas. Tidak sampai satu jam, api yang membakar rumah milik Jumiati berhasil dipadamkan.

“Yang terbakar rumah lantai dua. Kesulitannya sebenarnya nggak ada, cuma kami cari jalan pintas yang terdekat. Kalau kami memutar jalan malah lebih jauh, karena itu kita padamkan api dari atas jembatan,” kata Petugas Damkar Kota Malang, Edy Susianto.

Warga Kampung 3D, Dewi Yulianti mengatakan, saat kebakaran seluruh penghuni rumah berada di dalam. Mereka tidak mengetahui kalau di lantai dua itu muncul api. “Nggak ada yang tahu, karena saat itu semua penghuninya di bawah. Sedangkan yang terbakar di lantai atas,” katanya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian puluhan juta rupiah. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Dugaan sementara, api berasal dari korsleting listri di lantai dua.


Editor : Kastolani Marzuki