Ribuan Santri dan Mahasiswa Jatim Deklarasi Perang Terhadap Narkoba dan Radikalisme

Deni Irwansyah, Avirista Midaada · Senin, 30 Mei 2022 - 21:50:00 WIB
Ribuan Santri dan Mahasiswa Jatim Deklarasi Perang Terhadap Narkoba dan Radikalisme
Deklarasi anti narkoba dan Cinta NKRI di Malang, Senin (30/5/2022). (Foto: iNews.id/Deni Ireansyah).

MALANG, iNews.id - Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Jawa Timur (Jatim) mendeklarasikan cinta tanah air dan anti narkoba di Kota Malang, Senin (30/5/2022). Deklarasi perang terhadap narkoba dan radikalisme ini diikuti oleh 1.112 masyarakat dari berbagai elemen mulai dari santri, mahasiswa dan tokoh masyarakat. 

Sejumlah tokoh juga ikut hadir dalam deklrasi ini. Mereka antara lain Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto dan para pejabat di Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo. 

Kapolresta Malang Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, deklarasi ini dilatarbelakangi karena sejumlah hal, di antaranya ancaman narkoba yang begitu tinggi serta minimnya partisipasi berbagai elemen. "Narkoba selama ini meresahkan, maka perlu pencegahan ekstra. Selain itu adanya masyarakat majemuk berpotensi terjadinya intoleransi, radikalisme yang berpotensi memecah keutuhan bangsa," katanya. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, perlu keterlibatan seluruh pihak untuk memerangi keduanya yang dianggap merusak mental generasi muda Indonesia. Apalagi, bahaya narkoba juga kian dekat dengan menyasar hampir seluruh elemen masyarakat.

"Komitmen ini menjadi bagian dari pengingat kita semua, betapa harus kita ingatkan kembali bahaya narkoba dan betapa pentingnya kita bersama-sama kita membangun komitmen kuat kita menajdi bagian dari yang menggerakkan masyarakat untuk jangan coba-coba menggunakan narkoba," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: