Razia Kerumunan Warga Di Tuban, 20 Orang Kedapatan Bersuhu Tubuh Tinggi

Pipiet Wibawanto ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 07:13 WIB
Razia Kerumunan Warga Di Tuban, 20 Orang Kedapatan Bersuhu Tubuh Tinggi
Pemeriksan suhu tubuh saat razia kerumunan warga di Tuban. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.idPetugas gabungan yang terdiri atas Satpol PP, TNI-Polri dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) menggelar razia kerumunan warga Selasa (5/5/2020) dini hari. Hasilnya 20 warga kedapatan memiliki suhu tubuh tinggi di atas 37 derajat celcius.

Razia yang dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan virus corona ini menyasar kafe dan warung kopi di wilayah Kecamatan Semanding, Jenu dan Tuban Kota. Tak hanya itu kerumunan pemuda yang tengah asyik nongkrong secara bergerombol juga turut dibubarkan setelah sebelumnya dicek suhu tubuh.

Mayoritas warga yang masih nekat keluyuran malam-malam ini tidak mengenakan masker. Mereka bahkan tidak mengindahkan anjuran physical distancing maupun sosial distancing.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Tuban, Joko Herlambang mengatakan, dalam razia, petugas juga menegur kepada pemilik kafe dan warung yang masih membandel karena buka hingga tengah malam. Padahal aturannya hanya boleh buka hingga pukul 21.00 WIB.

“Petugas yang memeriksa suhu tubuh warga ini mengenakan APD lengkap," katanya.

Usai pengecekan suhu tubuh, petugas juga kembali melakukan sosialisasi physical distancing maupun sosial distancing dan juga penggunaan masker.

Sementara 20 orang yang kedapatan memiliki suhu tubuh tinggi didata. Mereka juga akan dipantau oleh Dinas Kesehatan.

Joko mengatakan, patroli gabungan serupa akan terus dilakukan petugas untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Tuban.

Hingga Senin (4/5/2020), data perkembangan Covid-19 di Tuban yakni Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 599 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 26 orang, enam di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan pasien yang confirm Covid-19 sebanyak empat orang, satu di antaranya meninggal dunia. Tuban juga ditetapkan masuk zona merah.


Editor : Umaya Khusniah