Petani Pasuruan Temukan Bom Aktif Peninggalan Belanda di Ladang

Jaka Samudra ยท Jumat, 27 Desember 2019 - 20:40 WIB
Petani Pasuruan Temukan Bom Aktif Peninggalan Belanda di Ladang
Ptugas Polsek Bangil mengamankan bom aktif peninggalan Belanda di ladang milik warga. (Foto:iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id - Bom aktif yang diduga peninggalan zaman kolonial Belanda ditemukan seorang petani saat berkebun di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (27/12/2019).  

Penemuan mortir aktif itu sudah kedua kalinya di wilayah tersebut dan diduga masih banyak mortir lain yang belum ditemukan. Bom sebesar botol kecap itu kemudian dievakuasi petugas ke Mako Brimob.

Diperoleh informasi, penemuan mortir aktif itu bermula saat Rudi (30), warga Desa Raci, Kecamatan Bangil, Pasuruan sedang menyemprot rumput untuk ditanami padi.
Rudi kemudian dikejutkan dengan bongkahan besi tua yang awalnya dikira bongkahan besi biasa yang terbawa banjir.

Namun, saat didekati ternyata mortir yang kondisinya sudah berkarat lapuk dimakan usia, bahkan pemicu ledakan sudah rusak. Atas temuan itu, Rudi kemudian melaporkan ke Mapolsek Bangil.

“Saya lagi nyemprot rumput terus lihat ada bongkahan besi. Pas saya dekati ternyata mirip mortar. Saya kemudian lapor ke Polsek,” katanya.

Menurut Rudi, penemuan mortar aktif itu merupakan yang ketiga kalinya di lokasi yang berdekatan. “Sudah tiga kali daerah sini menemukan mortar,” ucapnya.

Kanitreskrim Polsek Bangil, Aiptu Agus Sucipto mengatakan, mortar aktif itu sudah dievakuasi petugas dibantu anggota Koramil dengan alat seadanya. Mortir berbentuk botol kecap itu selanjutnya dibawa ke Mako Brimob, Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. “Mortir ini kemungkinan peninggalan zaman Belanda. Masih aktif,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki