Perang Saudara Pecah di Mataram Gegara Hanyakrawati Diangkat sebagai Raja

Avirista Midaada · Rabu, 24 November 2021 - 08:17:00 WIB
Perang Saudara Pecah di Mataram Gegara Hanyakrawati Diangkat sebagai Raja
Ilustrasi Penembahan Senopati

SURABAYA, iNews.id - Kekuasaan menjadi pemicu perpecahan di tubuh Mataram. Sepeninggal Panembahan Senopati, terjadi perang saudara antara Hanyakrawati dan kakak tirinya Pangeran Puger.

Benih perang saudara itu muncul lantaran Hanyakrawati diangkat sebagai Raja Mataram menggantikan Panembahan Senopati. Pangeran Puger yang merasa lebih pantas, tidak puas. APalagi, secara umum Hanyakrawati lebih muda dibanding dengan Pangeran Puger. 

Kekuasaan inilah yang menjadi awal mula kecemburuan Pangeran Puger muncul. Dikutip dari buku "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiyono, Puger merasa dirinya lebih layak mewarisi tahta Mataram daripada adiknya. Tetapi takdir memang tak berpihak ke Pangeran Puger, ia akhirnya tak bisa menduduki posisi raja. 

Sadar akan kekecewaan kakak tirinya menjadikan Hanyakrawati mencoba melakukan pendekatan kepada kakak tirinya dengan memberikan jabatan sebagai Adipati Demak. Puger pun menerima posisi itu, tetapi ia masih tidak puas. Ia memutuskan untuk melakukan pemberontakan suatu ketika. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: